RPP FRONT OFFICE SMK KELAS 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

JIKA Blog ini membantu saudara tolong bantu kami dengan mensubcribe akun youtube kita klik link dibawah ini. Dan mohon untuk di subcribe  terimakasih.


DOWNLOAD BAHAN AJAR FRONT OFFICE KELAS XII, KLIK LINK : http://evassmat.com/1BQr


Satuan Pendidikan                     :
Mata Pelajaran                         : Front Office
Program Keahlian                      : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian                  : Akomodasi Perhotelan
Kelas/Semester/TP                      : XII/ 5 dan 6
Materi Pokok                             : Tugas dan Tanggung Jawab Seksi Concierge dan Layanan 
Concierge, Formulir seksiConcierge dan Jenis Barang Bawaan   
Tamu
Alokasi Waktu                          : 10  Jam Pelajaran
A.Kompetensi Inti (KI)
KI-3 : Pengetahuan
3.1. Menjelaskan seksi concierge
3.2. Mendeskripsikan layanan concierge
3.3. Menjelaskan tata cara pengisian formulir concierge
3.4. Menjelaskan jenis barang bawaan tamu
KI-4 : Keterampilan
4.1  Mengidentifikasikan seksi concierge
4.2. Mengidentifikasi layanan concierge
4.3. Melakukan pengisian formulir concierge
4.4. Menunjukan jenis barang bawaan tamu
B. Kompetensi Dasar dan IPK
No
Kompetensi Dasar (KD)

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3

Menjelaskan seksi concierge

3.1
·  Menganalisis seksi concierge
·  Menggambarkan Struktur Organisasi Concierge
·  Membandingkan Tugas dan Tanggung Jawab bagian Concierge.
Mendeskripsikan layanan concierge
3.2
·  Mengklasifikan layanan concierge
·  Membedakan jenis- jenis layanan yang ada di concierge

Menjelaskan tata cara pengisian formulir concierge
3.3
·  Menguraikan macam- macam formulir yang digunakan di seksi concierge.
·  Menguraikan macam- macam perlengkapan  yang digunakan di seksi concierge.
·  Menganlaisi masing masing kegunaan formulr yang ada di seksi concierge.
·  Melakukan pengisian formulir seksi concierge.
·  Menguraikan macam- macam perlengkapan  yang digunakan di seksi concierge

Jenis – Jenis Barang Bawaan Tamu
3.4
·   Mmengkategorikan macam- macam barang bawaan tamu.
·   Menemukan kegunaan dari masing- masnig barang bawaan tamu.
·   Menentukan arti simbol atau tanda yag ada pada barang bawaan tamu dengan benar.
·   Menentukan metode penanganan barang bawaan tamu dengan benar.
4.

Mengidentifikaikan seksi concierge
4.1
·   Menunjukkan seksi concierge
Mengidentifikasi layanan concierge
4.2
·  Menentukan Layanan Concierge

Melakukan Pengisian Formulir Concierge
4.3
·   Melengkapi pengisian formulir concierge
·   Menentukan perlengkapan di bagian concierge

Menunjukkan jenis- jenis barang bawaan tamu
4.4
·   Menentukan jenis barang bawaan tamu
·   Menentukan tanda- tanda pada barang bawaan tamu
·   Menetukan metode penangnan barangan bawaan tamu
C.   Tujuan Pembelajaran :
Berdasarkan pemberian Fasilitas belajar di kelas peserta didik:
1.    Melalui Tayangan Video peserta didik dapat menganalisis seksi concierge dengan teliti.
2.    Melalui  observasi peserta didik dapat menggambarkan struktur organsiasai concierge  dengan benar
3.    Melalui onservasi peserta didik dapat membandingkan tugas dan tanggung jawab seksi concierge dengan rinci dan bertanggung jawab
4.   Melalui Observasi peserta didik  dapat mengklasifikasikan macam- macam layanan yang ada di concierge dengan tepat
5.   Melalui observasi peserta didik dapat membedakan jenis-jenisa layanan yang ada di concierge dengan teliti.
6.   Melalu tayangan observasi peserta didik  dapat menguraikan macam- macam formuli yang digunakan di seksi concierge dengan teliti dan bertanggung jawab
7.   Melalu tayangan observasi peserta didik  dapat menguraikan macam- macam perlengkapan  yang digunakan di seksi concierge dengan teliti dan bertanggung jawab
8.   Melalui observasi peserta didik dapat menganlaisi masing masing kegunaan formulr yang ada di seksi concierge.
9.   Melalu diskusi peserta didikdapat melakukan pengisian formulir seksi concierge dngan teliti dan bertanggung jawab.
10. Melalui tayangan gambar peserta didik dapat mengkategorikan macam- macam barang bawaan tamu dengan benar.
11.  Melaui tayangan gambar peserta didik dapat menemukan kegunaan dari masing- masnig barang bawaan tamu dengan benar.
12.  Melaui tayangan gambar peserta didik dapat menentukan arti simbol atau tanda yag ada pada barang bawaan tamu dengan benar.
14. Melaui tayangan gambar peserta didik dapat menentukan metode  penanganan barang bawaan tamu dengan benar.
15.     Melalui obsevasi peserta didik dapat menunjukkan seksi concierge
16.     Melalui diskusi peserta didik dapat menentukan layanan concierge
17.     Melalu diskusi peserta didik dapat melengkapi pengisian formulir concierge
18.     Melalu diskusi peserta didik dapat menentukan jenis barang bawaan tamu
D.   Materi Pembelajaran
1.         Seksi Concierge
Porter sering juga disebut Concierge atau Uniformed Service. Pada hakekatnya fungsi bagian ini mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama hanya berbeda istilahnya. Secara garis besar, ruang lingkup dari bagian porter adalah sebagai berikut:
a.    Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba, penanganan barang pindah kamar, dan penanganan barang tamu berangkat
b.    Memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke stasiun atau bandar udara
c.     Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu, informasi, dan kunci kamar
d.    Melaksanakan tugas-tugas suruhan lain yang berkaitan dengan pelayanan tamu (errand service)
           2   Struktur Organisasi Hotel :
 








      
3.       Macam- macam Layana di bagian concierge
Layanan-layanan yang diberikan bell desk yaitu :
Surat
• Wake-up call
• Message
• Transportasi
• Paging service
• Informasi
• Parkir kendaraan tamu
• Antar jemput tamu dari airport ke hotel
• Layanan pemesanan tiket transportasi dll
       4.  Macam- Macam Formulir seksi Concierge
Administrasi disini lebih dikhusukan pada dokumen pencatatan segala kegiatan yang dilakukan oleh porter/ concierge dalam proses pelayanan tamu.
a.      Luggage Tag/ luggag luggage claim tage
b.      Bell Boy Errand Card
c.       Bell Boy Control Sheet
d.      Errand Control Sheet
e.       Baggage Claim Check
f.       Luggage Room Book
5 . Peralatan dan formulir-formulir yang ada di seksi porter (uniformed service)”
a.       Information rack
b.       Paging board
    1. Pigeon Hole
d.       Telephone
    1. Luggage trolley
    2. Key and Mail rack
    3. Luggage Rack.
    4. Kotak P3k
    5. Loudspeaker
    6. Date and Time Stamping Machine
6. Jenis- Jenis Barrang Bawaan Tamu
a.  Trunk, Suit Case,hand bag, brief case.
b.  Comestic case (baeuty case, Vanity Case), Hat Box, Haversack,Val-pak 
     (val Case).
c.  Travelling bag (shoulder Bag),garment bag ( valet bag, Suit Bag0
d. Golf Case, camera case, umbrella, Statue,ceramic,carved.
e. Box (cardboard box),painting
7.                                                                             Cara Penanganan Barang Bawaan Tamu

a.    Expense
b.     Limiting Expenses
                  III.   Metode Penanganan Barang (Handling Methods)
a.    Lifting
Memeriksa Tanda Barang Tamu
Bellboy harus memperhatikan kondisi barang dan tanda penanganan barang, seperti :
https://akomodasiperhotelan.files.wordpress.com/2012/07/tanda-tanda-teknik-pengangkatan-barang.jpg
b.      Stacking
1)      Placing the hard bag under the soft one.
2)      The thick bag under the thin one.
3)      The big bag under the small one.
E. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
*      Pendekatan                      : Saintifik
*      Model Pembelajaran          : Discovery Learning
*      Metode                            : Paparan, Diskusi, Tanya Jawab
D.       Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
*      Media Pembelajaran  : LCD projector, laptop, Bahan Tayang
*      Sumber Belajar     : Buku Teks Siswa, Buku Pegangan  Guru, sumber lain yang relevan, Internet, dan orang terkait , Brosur.

F.  Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan 1


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu



Pendahuluan
Orientasi, Motivasi,Apersepsi
*   Apersepsi (salam, doa)
*   Mencek kehadiran Siswa
*   Mencek kebersihan meja belajar siswa, laci,ruangan dan lingkungan kelas.
*   Pemberian motivasi (stimulus) Guru menayangkan contoh gambar Porter
*   Menyampaikan materi pokok dan tujuan pembelajaran
*   Menyampaikan pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan serta metodenya.
*   Menyampaikan penilaian yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.



15 menit









Kegiatan Inti
Sintak : Discaoveri Learning
Rincian Kegiatan Guru
Dan Siswa
Merumuskan masalah
Peserta didik mengamati video kegiatan Porter melalui tayangan yang disajikan guru.
Menganalisis data berdasarkan rumusan masalah
Peserta didik memperhatikan tayangan video dan membuat daftar pertanyaan terakit pembelajaran porter

Membuat Perkiraan pemecahan masalah yang ada
Peserta didik secara berkelompok berdiskusi membahas permasalahan berdasarkan pengamatan video yang ada sesuai dengan karakteristik  porter yang ada.

Guru memfasilitasi pertanyaan untuk menyelesaian masalah yang mungkin ada pada layanan porter (5 W + 1 H)

Peserta didik mempertanyakan secara mandiri dalam kelompok mengenai pertanyaan yang timbul dan telah disusun pada saat pengamatan video.

Pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statmement) Mengumpulkan Informasi
-    Peserta didik  melakukan pengelompokkan sumber informasi
-    Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi tentang mengidentifikasikan kegiatan yang berhubungan dengan porter.
-   Peserta didik secara individu meggali berbagaiinformasi yang berkaitan dengan mengidentifikasi kegiatan yang berhubungan dengan Porter.
*Pembuktian (verivication) Menalar, Mengkomunikasikan

-   Guru meminta peserta didik untuk melakukan penyampaian hasil diskusi daftar pertanyaan di dalam kelompoknya
-   Peserta didik memaparkan hasil diskusi portet (yang sesuai dengan beasr kecil nya hotel sesuai dengan informasi yang ada
-   Peserta didik memberikan masukkan dan menerima masukkan dari anggota kelompok
Menarik Kesimpulan (generalisasi)
-   Peserta didik menyampikan hasil pemaparan  hasil diskusi  tentang porter
-   Guru memfasilitasi pencapaian indikator yang aakan dicapai beradasarkan hasil persentasi kelompok
-   Guru Menyampaikan hasil kegiatan tertulis yang akan digunakan pada pertemuan berikutnya.
90 menit





Penutup
·           Guru memberikan test tertulis
·           Merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan dan memberikan umpan balik.
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa hasil kegiatan yang tertulis yang dihasilkan hari ini akan digunakan pada pertemuan yang akan datang
·           Peserta didik diminta untuk mencari artikel tentang kegiatan yang dilakukan oleh seorang bellboy yang sesuai SOP
·           Bersyukur



20 Menit

E.       Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.      Penilaian Pembelajaran
     a. Sikap :
JURNAL
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap

1.







2.







3.







4








5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34











b. Pengetahuan :
1). Kisi-kisi dan Soal
Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.1

3.1.1
·   Menganalisis seksi concierge
·   Menggambarkan Struktur Organisasi Concierge
·   Membandingkan Tugas dan Tanggung Jawab bagian Concierge
·       Siswa dapat menganalisis seksi concierge
·       Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup Concierge
·       Siswa dapat membedakan srruktur organisasi concierge pada setiap hotel berbintang
·       Siswa dapat menggambarkan
·       Struktur organisasi hotel menengah
·       Siswa dapat menjelaskan  tugas dan tanggung jawab masin- masing bagian di concierge.

terlampir


3.1.2
·  Mengklasifikan layanan concierge
·  Membedakan jenis- jenis layanan yang ada di concierge
·      Siswa dapat menjelaskanmacam- macam layanan concirge
·      Siswa dapat menjelaskan perbedaan wake-up call dan paging service
·      Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemberian layanan yang berkaitan dengan Standar Layanan Hotel





·  Menguraikan macam- macam formuli yang digunakan di seksi concierge.
·  Menguraikan macam- macam perlengkapan  yang digunakan di seksi concierge.
·  Menganlaisi masing masing kegunaan formulr yang ada di seksi concierge..
·  Siswa dapata membedakan antara bell boy errand card dan bell boy control sheet
·  Siswa dapat membedakan  luggage tag dengan luggage room book !
·  Siswa dapat menjelaskan peralatan yang dibutuhkan dalam menangani tamu?
·   Siswa dapat manjelaskan data- data yang ada pada bellboy errand card dan apa gunanya




3.13
·   Mengkategorikan macam- macam barang bawaan tamu.
·   Menemukan kegunaan dari masing- masnig barang bawaan tamu.
·   Menentukan arti simbol atau tanda yag ada pada barang bawaan tamu dengan benar.
·   Menentukan metode penanganan barang bawaan tamu dengan benar.
·       Siswa dapat membedakan  suit case dengan brief case, jika anda sedang menangani barang bawaan tersebut dimanakah anda harus meletakkannya.
·       Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari cosmetic case dan garment bag
·       Siswa dapat menjelaskan kegunaan tandayang ada pada bawaan tamu .
·       Siswa dapat menjelaskan metode penanganan barang bawaan tamu.



SOAL ULANGAN HARIAN 1
MATA PELAJARAN                : 
KD/Materi Pokok                      :
K E L A S                                            : 
ALOKASI WAKTU                  : 

1.  Mengapa proses keberangkatan dan kedatangan tamu bagi hotel merupakan moment yang sangat berharga dalam membentuk citra suatu hotel.
2.         Jelaskanlah ruang lingkup bagian porter dalam sebuah hotel yang anda kaetahui!
3.         3.Mengapa Struktur Organisasi concierge antara hotel yang satu dengan hotel yang lainnya berbeda?
4.         Uraiakanlah tugas seorang bellboy pada suatu hotel
5.         Uraianlah macam- macam layanan yang ada di concierge!
6.         Apa perbdaan antara wake-up call dan paging service
7.         Hal- hal apa saja yang harus anda perhatikan dalam memberikan layanan porter yang berkaitan dengan standar  Layananan hotel
8.         Apa perbedaan antara bell boy errand card dan bell boy control sheet?
9.         Urainkanlah perbedaan antara luggage tag dengan luggage room book !
10.     Anda seorang bellboy akan menangani kaedatangan tamu rombongan peralatan apa saja yang anda perlukan?
11.     Apa saja data- data yang terdapat pada bellboy errand card dan apa gunanya?
12.  Urainkanlah perbedaan antara suit case dengan brief case, jika anda sedang menangani barang bawaan tersebut dimanakah anda harus meletakkannya?
13.   Apa kegunaan dari cosmetic case dan garment bag?
14.   Mengapa dalam menangani barang-barang bawaan tamu tamu kita harus mempehatikan tanda- tanda yang ada pada barang tersebut.?
15.     Jelaskanlah pengertian dari gambar dibawah ini !
16.    
Gambar terkait https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBa6sSg2IfNmb6XxvTDifYaDYLNejffeOrOUlOiw66QElaaOC4m9AEKyJQ7OQ-3stngJPhCtENn84mUnuwDcsNoar4JxmLCs_vyJOgfPrQ-mvZQCGNtjF6DhSBLcG70NlNqtUA6JedatQs/s1600/simbol+barang+tidak+boleh+diangkat+langsung.jpg https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ601Z-B7zaglUQNVv1yDew0avgVSIB30i8bno9m6MQEP0Ow_OG




. 17. Apa perbedaan antara stacking dan lifting ?


2. Remedial dan pengayaan
a. KKM Mapel :
   1.) Pengetahuan : 78
   2). Keterampilan : 80
  Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM, diberikan kesempatan remedial. Dan bagi yang telah tuntas, boleh mengikuti pengayaan
b. Langkah Pembelajaran remedial :
 1). Mendiagnosis kesulitan belajar (dengan teknik wawancara, pengamatan)
 2). Memberikan perlakukan (treatment) pembelajaran remedial :
      a). Pembelajaran ulang dengan metode dan media berbeda jika peserta remedial > 50%
      b). Bimbingan khusus/perorangan bila peserta remedial maksimal 20%
      c). Pemberian tugas kelompok jika peserta remedial lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%
      d). Pemanfaatan tutor sebaya
         3). Ujian/tes ulang : Nilai yang digunakan adalah nilai remedi tertinggi
c. Langkah Pemberian Pengayaan :
  1). Materi : hanya untuk materi/kompetensi yang belum diketahui peserta didik, bisa dalam bentuk PT atau KMTT dengan strategi penilaian portofolio
  2). Identifikasi kemampuan belajar berdasarkan jenis serta tingkat kemampuan belajar
  2). Pelaksanaan pembelajaran pengayaan :
     a). Belajar kelompok
     b). Belajar mandiri
     c). Pembelajaran berbasis tema
     d). Pemadatan kurikulum
  4). Nilai Tambah/lebih dari peserta didik normal





No comments:

Post a Comment

Teknik pembuatan pudding

Cold pudding Menggunakan agar agar sbg pngental dan dpt jg mnggunakan tepung custard dan tepung  maizena. Pengolahan dg cara  dreb...