RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
JIKA Blog ini membantu saudara tolong bantu kami dengan mensubcribe akun youtube kita klik link dibawah ini. Dan mohon untuk di subcribe terimakasih.
DOWNLOAD BAHAN AJAR FRONT OFFICE KELAS XII, KLIK LINK : http://evassmat.com/1BQr
Satuan Pendidikan :
Satuan Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Front
Office
Program
Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi
Keahlian : Akomodasi
Perhotelan
Kelas/Semester/TP : XII/ 5 dan 6
Materi
Pokok : Tugas
dan Tanggung Jawab Seksi Concierge dan Layanan
Concierge,
Formulir seksiConcierge dan Jenis Barang Bawaan
Tamu
Alokasi
Waktu : 10 Jam Pelajaran
A.Kompetensi Inti
(KI)
KI-3 : Pengetahuan
|
3.1. Menjelaskan seksi
concierge
3.2. Mendeskripsikan
layanan concierge
3.3. Menjelaskan tata
cara pengisian formulir concierge
3.4. Menjelaskan jenis
barang bawaan tamu
|
KI-4 : Keterampilan
|
4.1 Mengidentifikasikan seksi concierge
4.2.
Mengidentifikasi layanan concierge
4.3.
Melakukan pengisian formulir concierge
4.4.
Menunjukan jenis barang bawaan tamu
|
B. Kompetensi Dasar dan
IPK
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
|
3
|
Menjelaskan
seksi concierge
|
3.1
|
·
Menganalisis
seksi concierge
·
Menggambarkan
Struktur Organisasi Concierge
·
Membandingkan
Tugas dan Tanggung Jawab bagian Concierge.
|
Mendeskripsikan layanan concierge
|
3.2
|
·
Mengklasifikan
layanan concierge
·
Membedakan
jenis- jenis layanan yang ada di concierge
|
|
Menjelaskan tata cara pengisian formulir
concierge
|
3.3
|
· Menguraikan macam- macam formulir yang digunakan di seksi concierge.
· Menguraikan macam- macam perlengkapan
yang digunakan di seksi concierge.
· Menganlaisi masing masing kegunaan formulr yang ada di seksi
concierge.
· Melakukan pengisian formulir seksi concierge.
· Menguraikan macam- macam perlengkapan
yang digunakan di seksi concierge
|
|
Jenis – Jenis Barang Bawaan Tamu
|
3.4
|
· Mmengkategorikan macam- macam barang bawaan tamu.
· Menemukan kegunaan dari masing- masnig barang bawaan tamu.
· Menentukan arti simbol atau tanda yag ada pada barang bawaan tamu
dengan benar.
· Menentukan metode penanganan barang bawaan tamu dengan benar.
|
|
4.
|
Mengidentifikaikan
seksi concierge
|
4.1
|
·
Menunjukkan
seksi concierge
|
Mengidentifikasi layanan concierge
|
4.2
|
·
Menentukan
Layanan Concierge
|
|
Melakukan Pengisian Formulir Concierge
|
4.3
|
·
Melengkapi
pengisian formulir concierge
·
Menentukan
perlengkapan di bagian concierge
|
|
Menunjukkan jenis- jenis barang bawaan tamu
|
4.4
|
·
Menentukan jenis
barang bawaan tamu
·
Menentukan
tanda- tanda pada barang bawaan tamu
·
Menetukan metode
penangnan barangan bawaan tamu
|
C. Tujuan Pembelajaran
:
Berdasarkan pemberian Fasilitas belajar di kelas peserta didik:
1. Melalui
Tayangan Video peserta didik dapat menganalisis seksi concierge dengan teliti.
2. Melalui observasi peserta didik dapat menggambarkan
struktur organsiasai concierge dengan
benar
3. Melalui
onservasi peserta didik dapat membandingkan tugas dan tanggung jawab seksi
concierge dengan rinci dan bertanggung jawab
4.
Melalui Observasi peserta didik
dapat mengklasifikasikan macam- macam layanan yang ada di concierge
dengan tepat
5.
Melalui observasi peserta didik dapat membedakan jenis-jenisa layanan
yang ada di concierge dengan teliti.
6.
Melalu tayangan observasi peserta didik
dapat menguraikan macam- macam formuli yang digunakan di seksi concierge
dengan teliti dan bertanggung jawab
7. Melalu tayangan observasi peserta didik dapat menguraikan macam- macam
perlengkapan yang digunakan di seksi
concierge dengan teliti dan bertanggung jawab
8.
Melalui observasi peserta didik dapat menganlaisi masing masing kegunaan
formulr yang ada di seksi concierge.
9.
Melalu diskusi peserta didikdapat melakukan pengisian formulir seksi
concierge dngan teliti dan bertanggung jawab.
10. Melalui tayangan gambar peserta didik dapat
mengkategorikan macam- macam barang bawaan tamu dengan benar.
11.
Melaui tayangan gambar peserta didik dapat menemukan kegunaan dari
masing- masnig barang bawaan tamu dengan benar.
12.
Melaui tayangan gambar peserta didik dapat menentukan arti simbol atau
tanda yag ada pada barang bawaan tamu dengan benar.
14. Melaui tayangan gambar peserta didik dapat
menentukan metode penanganan barang
bawaan tamu dengan benar.
15.
Melalui
obsevasi peserta didik dapat menunjukkan seksi concierge
16.
Melalui
diskusi peserta didik dapat menentukan layanan concierge
17.
Melalu
diskusi peserta didik dapat melengkapi pengisian formulir concierge
18.
Melalu
diskusi peserta didik dapat menentukan jenis barang bawaan tamu
D. Materi
Pembelajaran
1.
Seksi
Concierge
Porter sering juga disebut Concierge atau
Uniformed Service. Pada hakekatnya fungsi bagian ini mempunyai tugas dan
tanggung jawab yang sama hanya berbeda istilahnya. Secara garis besar, ruang
lingkup dari bagian porter adalah sebagai berikut:
a.
Memberikan
pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba, penanganan barang pindah kamar,
dan penanganan barang tamu berangkat
b.
Memberikan
pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke stasiun atau bandar
udara
c.
Memberikan
pelayanan penyampaian pesan tamu, informasi, dan kunci kamar
d.
Melaksanakan
tugas-tugas suruhan lain yang berkaitan dengan pelayanan tamu (errand service)
2
Struktur Organisasi Hotel :
![]() |
3.
Macam-
macam Layana di bagian concierge
Layanan-layanan yang diberikan bell desk yaitu
:
• Surat
• Wake-up call
• Message
• Transportasi
• Paging service
• Informasi
• Parkir kendaraan tamu
• Antar jemput tamu dari airport ke hotel
• Layanan pemesanan tiket transportasi dll
• Surat
• Wake-up call
• Message
• Transportasi
• Paging service
• Informasi
• Parkir kendaraan tamu
• Antar jemput tamu dari airport ke hotel
• Layanan pemesanan tiket transportasi dll
4.
Macam- Macam Formulir seksi Concierge
Administrasi
disini lebih dikhusukan pada dokumen pencatatan segala kegiatan yang dilakukan
oleh porter/ concierge dalam proses pelayanan tamu.
a. Luggage Tag/ luggag luggage claim tage
b.
Bell
Boy Errand Card
c.
Bell
Boy Control Sheet
d.
Errand
Control Sheet
e.
Baggage
Claim Check
f.
Luggage
Room Book
5 . Peralatan dan formulir-formulir yang ada di
seksi porter (uniformed service)”
a.
Information
rack
b.
Paging
board
- Pigeon Hole
d.
Telephone
- Luggage trolley
- Key and Mail rack
- Luggage Rack.
- Kotak P3k
- Loudspeaker
- Date and Time Stamping Machine
6. Jenis- Jenis Barrang Bawaan Tamu
a. Trunk,
Suit Case,hand bag, brief case.
b.
Comestic case (baeuty case, Vanity Case), Hat Box,
Haversack,Val-pak
(val
Case).
c.
Travelling bag (shoulder Bag),garment bag ( valet bag, Suit Bag0
d. Golf Case, camera case, umbrella,
Statue,ceramic,carved.
e. Box (cardboard box),painting
7.
Cara Penanganan Barang Bawaan Tamu
a. Expense
b.
Limiting Expenses
III. Metode Penanganan Barang (Handling Methods)
a. Lifting
Memeriksa Tanda Barang
Tamu
Bellboy harus
memperhatikan kondisi barang dan tanda penanganan barang, seperti :

b. Stacking
1) Placing the hard bag
under the soft one.
2) The thick bag under the thin one.
3) The big bag under the small one.
E. Pendekatan, Model dan Metode
Pembelajaran



D.
Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar


F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
||||||||||||||
Pendahuluan
|
Orientasi, Motivasi,Apersepsi
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
15 menit
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
|
90 menit
|
||||||||||||||
Penutup
|
·
Guru memberikan test tertulis
·
Merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan dan
memberikan umpan balik.
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa hasil kegiatan yang tertulis yang
dihasilkan hari ini akan digunakan pada pertemuan yang akan datang
·
Peserta didik diminta untuk mencari artikel tentang kegiatan yang
dilakukan oleh seorang bellboy yang sesuai SOP
·
Bersyukur
|
20 Menit
|
E. Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Penilaian Pembelajaran
a.
Sikap :
JURNAL
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
||||
11
|
||||
12
|
||||
13
|
||||
14
|
||||
15
|
||||
16
|
||||
17
|
||||
18
|
||||
19
|
||||
20
|
||||
21
|
||||
22
|
||||
23
|
||||
24
|
||||
25
|
||||
26
|
||||
27
|
||||
28
|
||||
29
|
||||
30
|
||||
31
|
||||
32
|
||||
33
|
||||
34
|
b. Pengetahuan :
1). Kisi-kisi dan Soal
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
||
3.1
|
3.1.1
|
·
Menganalisis
seksi concierge
·
Menggambarkan
Struktur Organisasi Concierge
· Membandingkan Tugas dan Tanggung Jawab bagian Concierge
|
· Siswa dapat menganalisis seksi concierge
· Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup
Concierge
· Siswa dapat membedakan srruktur organisasi
concierge pada setiap hotel berbintang
· Siswa dapat menggambarkan
· Struktur organisasi hotel menengah
· Siswa dapat menjelaskan tugas
dan tanggung jawab masin- masing bagian di concierge.
|
terlampir
|
||
3.1.2
|
·
Mengklasifikan
layanan concierge
·
Membedakan
jenis- jenis layanan yang ada di concierge
|
· Siswa dapat menjelaskanmacam- macam layanan
concirge
· Siswa dapat menjelaskan perbedaan wake-up
call dan paging service
· Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan
dalam pemberian layanan yang berkaitan dengan Standar Layanan Hotel
|
||||
· Menguraikan macam- macam formuli yang digunakan di seksi concierge.
· Menguraikan macam- macam perlengkapan
yang digunakan di seksi concierge.
· Menganlaisi masing masing kegunaan formulr yang ada di seksi
concierge..
|
· Siswa dapata membedakan antara bell boy
errand card dan bell boy control sheet
· Siswa dapat membedakan luggage tag dengan luggage room book !
· Siswa dapat menjelaskan peralatan yang
dibutuhkan dalam menangani tamu?
· Siswa dapat manjelaskan data- data yang
ada pada bellboy errand card dan apa gunanya
|
|||||
3.13
|
· Mengkategorikan macam- macam barang bawaan tamu.
· Menemukan kegunaan dari masing- masnig barang bawaan tamu.
· Menentukan arti simbol atau tanda yag ada pada barang bawaan tamu
dengan benar.
· Menentukan metode penanganan barang bawaan tamu dengan benar.
|
· Siswa dapat membedakan suit case dengan brief case, jika anda
sedang menangani barang bawaan tersebut dimanakah anda harus meletakkannya.
· Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari
cosmetic case dan garment bag
· Siswa dapat menjelaskan kegunaan
tandayang ada pada bawaan tamu .
· Siswa dapat menjelaskan metode penanganan
barang bawaan tamu.
|
SOAL ULANGAN HARIAN 1
MATA PELAJARAN :
KD/Materi Pokok :
K E L A S :
ALOKASI WAKTU :
1.
Mengapa proses keberangkatan dan kedatangan tamu bagi hotel merupakan
moment yang sangat berharga dalam membentuk citra suatu hotel.
2.
Jelaskanlah ruang
lingkup bagian porter dalam sebuah hotel yang anda kaetahui!
3.
3.Mengapa
Struktur Organisasi concierge antara hotel yang satu dengan hotel yang
lainnya berbeda?
4.
Uraiakanlah tugas
seorang bellboy pada suatu hotel
5.
Uraianlah macam-
macam layanan yang ada di concierge!
6.
Apa perbdaan
antara wake-up call dan paging service
7.
Hal- hal apa saja
yang harus anda perhatikan dalam memberikan layanan porter yang berkaitan
dengan standar Layananan hotel
8.
Apa perbedaan
antara bell boy errand card dan bell boy control sheet?
9.
Urainkanlah
perbedaan antara luggage tag dengan luggage room book !
10. Anda seorang bellboy akan menangani kaedatangan tamu rombongan
peralatan apa saja yang anda perlukan?
11.
Apa saja data-
data yang terdapat pada bellboy errand card dan apa gunanya?
12. Urainkanlah perbedaan antara suit case
dengan brief case, jika anda sedang menangani barang bawaan tersebut
dimanakah anda harus meletakkannya?
13. Apa kegunaan dari cosmetic case dan garment
bag?
14. Mengapa dalam menangani barang-barang bawaan
tamu tamu kita harus mempehatikan tanda- tanda yang ada pada barang
tersebut.?
15. Jelaskanlah pengertian dari gambar dibawah ini !
16.
. 17. Apa perbedaan
antara stacking dan lifting ?
|
2. Remedial dan
pengayaan
a. KKM Mapel :
1.) Pengetahuan : 78
2). Keterampilan : 80
Peserta didik yang memperoleh
nilai di bawah KKM, diberikan kesempatan remedial. Dan bagi yang telah tuntas,
boleh mengikuti pengayaan
b. Langkah
Pembelajaran remedial :
1). Mendiagnosis kesulitan belajar
(dengan teknik wawancara, pengamatan)
2). Memberikan perlakukan (treatment)
pembelajaran remedial :
a). Pembelajaran ulang dengan
metode dan media berbeda jika peserta remedial > 50%
b). Bimbingan
khusus/perorangan bila peserta remedial maksimal 20%
c). Pemberian tugas kelompok
jika peserta remedial lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%
d). Pemanfaatan tutor sebaya
3). Ujian/tes ulang : Nilai yang digunakan
adalah nilai remedi tertinggi
c. Langkah
Pemberian Pengayaan :
1). Materi : hanya untuk
materi/kompetensi yang belum diketahui peserta didik, bisa dalam bentuk PT atau
KMTT dengan strategi penilaian portofolio
2). Identifikasi kemampuan
belajar berdasarkan jenis serta tingkat kemampuan belajar
2). Pelaksanaan pembelajaran
pengayaan :
a). Belajar kelompok
b). Belajar mandiri
c). Pembelajaran berbasis tema
d). Pemadatan kurikulum
4). Nilai Tambah/lebih dari
peserta didik normal
No comments:
Post a Comment