RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP X)
Sekolah                       : SMK
Mata Pelajaran            : Kepariwisataan
Kelas/Semester           : X/1
Alokasi Waktu             9 x 45 Menit (405 Menit)

A.       Kompetensi Inti
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kepariwisataan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.        Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       Kompetensi Dasar
3.2.   Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
4.2.    Mengklasifikasi  motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.2 Menjelaskan motivasi tujuan perjalanan wisatawan
3.43 Menjelaskan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
3.4.4 Memahami motivasi tujuan perjalanan wisatawan
3.4.5Memahami karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
4.4.2 Mengidentifikasi tujuan wisatawan melakukan kegiatan wisata
4.4.3 Menentukan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
D.       Tujuan Pemebelajaran
Setelah melakukan kegiatan observasi,  diskusi, dan tanya jawab, diharapkan peserta didik dapat :
1.          Menjelaskan tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.          Peserta didik mampu mengdientifikasi karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata.
3.          Peserta didik mampu menentukan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
E.        Materi Pembelajaran
1.          Konsep tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.          Karakterisitk wisatawan menurut ahli
4.          Pengidentifikasian karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata menurut ahli
F.        Pendekatan, Model dan Metode
1.      Pendekatan berfikir                        : Sientific
2.      Model Pembelajaran                      : Discovery learning
3.      Metode Pembelajaran                    : Observasi, diskusi dan tanya jawab.
G.       Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan ke 1
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
1.    Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.    Melakukan pengkondisian peserta didik
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
5.    Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
6.    Melakukan Pre test.
15
Menit
2.    Kegiatan Inti
A.   Pemberian rangsangan (Stimulation);

Peserta didik melihat tayangan video tentang kegiatan wisatawan dan kebutuhan wisatawan
Video 1 : Video tentang kegiatan wisatawan dan kebutuhan wisatawan
Peserta didik duduk berkelompok (satu kelompok terdiri dari 4 orang)
65 menit
B.   Pernyataan/identifikasi masalah (problem statement)





·         Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan idetifikasi terhadap video  yang disajikan
·         Peserta didik melakukan identifikasi terhadap video yang disajikan
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok melakukan identifikasi terhadap video yang disajikan
·         Peserta didik melakukan proses identifikasi melalui diskusi kelompok dan menulisakan hasil identifikasinya dalam lembar notulensi.
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membuat hipotesa mengenai video yang disajikan
·         Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk membuat hipotesa mengenai mengenai video yang disajikan
C.   Pengumpulan data (Data Collection)
·         Guru mengajak siswa untuk melakukan observasi terhadap wisatawan yang melakukan kegiatan wisata di pantai padang.
·         Siswa melakukan observasi ke pantai padang danEdotel SMKN 9
·         Guru mempersilahkan siswa untuk mencari informasi dan data data tambahan dari buku sumber serta internet.
·         Siswa melakukan proses pengumpulan data dan informasi dari buku sumber dan internet, lalu mencatatkannya pada lembar notulensi.
D.   Pembuktian (verification)
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membandingkan hasil pencarian data dan informasi dari observasi, buku sumber dan internet dengan hasil hipotesa di awal
·         Siswa secara berkelompok berdiskusi membuat perbandingan dan verifikasi terhadap data dan informasi yang diperoleh.dan mencatatkan hasil verifikasinya dalam lembar notulensi.
E.   Menarik kesimpulan (generalization)
·         Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang dikaji.
·         Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan terhadap materi yang dikaji dan menuliskannya dalam lembar notulensi.
·         Siswa (perwakilan kelompok) mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas secarabergiliran mengenai materi yang dikaji
·         Siswa dari kelompok lain menanggapi presentasi yang di tampilkan.
·         Siswa antar kelompok berdiskusi untuk menghasilkan kesimpulan yang paling tepat.

3.    Penutup (10 menit)

1.  Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang konsep motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
2.  Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.  Guru memberikan evaluasi (post test) dan menyuruh siswa secara individu untuk mengerjakannya.
4.  Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi tentang bentuk promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan akan produknya.
5.  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
6.  Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.


H.        Penilaian Hasil Belajar
1.              Teknik : Non Test dan Test
2.            Bentuk  :
·         Penilaian pengetahuan    : Tes tertulis uraian
·          Penilaian keterampilan        : Membuat Portofolio tentang hasil observasi sesuai dengan materi yang diberikan

PENILAIAN PENGETAHUAN
v  TES TERTULIS : ESSAY
Kisi-kisi soal

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Indikator Soal

Jenis Soal
Soal
3.2.          
Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
4.2
Mengklasifikasi  motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata

3.42
Menjelaskan motivasi tujuan perjalanan wisatawan
3.43 Menjelaskan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalaan
3.4.4 Memahami motivasi tujuan perjalanan wisatawan

Setelah melakukan kegiatan observasi,  diskusi, dan tanya jawab, diharapkan:

1.    Menjelaskan tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.    Peserta didik mampu mengdientifikasi karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata.
3.  Peserta didik mampu menentukan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata

1.    Konsep tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.    Karakterisitk wisatawan menurut ahli
3.    karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata menurut ahli

Esay
1.Jelaskan Konsep tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.Jelaskan Karakterisitk wisatawan menurut ahli

3.Jelaskan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata menurut ahli

Kunci Jawaban
Kriteria Penskoran :
No. Soal
Skor
1
25
2
25
3
50

Jadi skor ideal = 100


PENILAIAN KETERAMPILAN
v  Portofolio

Indikator penilaian keterampilan :
4.4.2.    Mengidentifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
Instrumen :
Rounded Rectangle: 4.4.2. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi dan juga tambahan teori lainnya identifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata

 






v  KRITERIA PENILAIAN portofolio dan mempresntasikan


1)  Rubrik kegiatan Presentasi:

No
Nama Murid
Aspek Pengamatan
Komunikasi
Sistematika penyampaian
Wawasan
Keberanian
Antusias
Jumlah
Nilai
Ket

1









2









3









4









5










Keterangan Skor:
Masing-masing kolom diisi dengan criteria:
4          = baik sekali
3          = baik
2          = cukup
1          = kurang

Nilai =
Skor perolehan
X
100
Skor Maksimal

Kriteria Nilai
A         = 80-100          ; Baik sekali
B         = 70-79            ; Baik
C         = 60-69            ; Cukup
D         = <60               ; kurang

Alat, Media danSumber
·         Alat                  : LCD, Laptop
·         Media              : Video scribe pembelajaran, Gambar Industri Pariwasata
·         Sumber           : Buku Paket dan Internet


2 comments:

  1. RPP kepariwisataan bagian 1.. mau bagiaan lengkapnya tingkal kan pesan ja...

    ReplyDelete

Teknik pembuatan pudding

Cold pudding Menggunakan agar agar sbg pngental dan dpt jg mnggunakan tepung custard dan tepung  maizena. Pengolahan dg cara  dreb...