RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP X)
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran :
Kepariwisataan
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 9 x 45 Menit (405 Menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Kepariwisataan
pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
4.
Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak
mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.2. Memahami motivasi tujuan
perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan
usia, jenis kelamin dan status keluarga
saat perjalanan wisata
4.2. Mengklasifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalanan wisata
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.2
Menjelaskan motivasi
tujuan perjalanan wisatawan
3.43
Menjelaskan karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalanan wisata
3.4.4 Memahami motivasi tujuan perjalanan wisatawan
3.4.5Memahami karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalanan wisata
4.4.2 Mengidentifikasi
tujuan wisatawan melakukan kegiatan wisata
4.4.3
Menentukan karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalanan wisata
D. Tujuan Pemebelajaran
Setelah melakukan kegiatan
observasi, diskusi, dan tanya jawab,
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.
Peserta didik mampu mengdientifikasi karateristik wisatawan dan
pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status
keluarga saat perjalanan wisata.
3.
Peserta didik mampu menentukan karateristik wisatawan dan pola
pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Konsep tujuan
perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.
Karakterisitk wisatawan menurut ahli
4.
Pengidentifikasian karateristik wisatawan dan pola
pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata menurut ahli
F.
Pendekatan,
Model dan Metode
1. Pendekatan
berfikir :
Sientific
2. Model Pembelajaran : Discovery learning
3. Metode Pembelajaran : Observasi, diskusi dan
tanya jawab.
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke 1
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
|
1.
Pendahuluan
|
||
1.
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
2.
Melakukan
pengkondisian peserta didik
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan digunakan
5.
Menyampaikan
metode pembelajaran yang akan digunakan
6.
Melakukan
Pre test.
|
15
Menit
|
|
2.
Kegiatan
Inti
|
||
A. Pemberian rangsangan (Stimulation);
|
Peserta didik melihat
tayangan video tentang kegiatan wisatawan dan kebutuhan wisatawan
Video 1 : Video
tentang kegiatan wisatawan dan kebutuhan wisatawan
Peserta didik duduk
berkelompok (satu kelompok terdiri dari 4 orang)
|
65
menit
|
B. Pernyataan/identifikasi masalah (problem
statement)
|
·
Guru mempersilahkan siswa
untuk melakukan idetifikasi terhadap video yang disajikan
·
Peserta didik melakukan
identifikasi terhadap video yang
disajikan
·
Guru mempersilahkan siswa
secara berkelompok melakukan identifikasi terhadap
video yang disajikan
·
Peserta didik melakukan
proses identifikasi melalui diskusi kelompok dan menulisakan hasil
identifikasinya dalam lembar notulensi.
·
Guru mempersilahkan siswa
secara berkelompok untuk membuat hipotesa mengenai video yang disajikan
·
Siswa secara berkelompok
berdiskusi untuk membuat hipotesa mengenai mengenai video yang disajikan
|
|
C. Pengumpulan data (Data Collection)
|
·
Guru mengajak siswa untuk
melakukan observasi terhadap wisatawan yang
melakukan kegiatan wisata di pantai padang.
·
Siswa melakukan observasi
ke pantai padang danEdotel SMKN 9
·
Guru mempersilahkan siswa
untuk mencari informasi dan data data
tambahan dari buku sumber serta internet.
·
Siswa melakukan proses
pengumpulan data dan informasi dari buku sumber dan internet, lalu mencatatkannya
pada lembar notulensi.
|
|
D. Pembuktian (verification)
|
·
Guru mempersilahkan siswa
secara berkelompok untuk membandingkan hasil pencarian data dan informasi
dari observasi, buku sumber dan internet dengan hasil hipotesa di awal
·
Siswa secara berkelompok
berdiskusi membuat perbandingan dan verifikasi terhadap data dan informasi
yang diperoleh.dan mencatatkan hasil verifikasinya dalam lembar notulensi.
|
|
E. Menarik kesimpulan (generalization)
|
·
Guru mempersilahkan siswa
secara berkelompok untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang dikaji.
·
Siswa secara berkelompok
membuat kesimpulan terhadap materi yang dikaji dan menuliskannya dalam lembar
notulensi.
·
Siswa (perwakilan
kelompok) mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas
secarabergiliran mengenai materi yang dikaji
·
Siswa dari kelompok lain
menanggapi presentasi yang di tampilkan.
·
Siswa antar kelompok
berdiskusi untuk menghasilkan kesimpulan yang paling tepat.
|
|
3.
Penutup
(10
menit)
|
||
1.
Secara bersama-sama siswa
diminta untuk menyimpulkan tentang konsep motivasi tujuan perjalanan,
karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis
kelamin dan status keluarga saat perjalanan
wisata
2.
Guru memberikan konfirmasi
dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
3.
Guru memberikan evaluasi
(post test) dan menyuruh siswa secara individu untuk mengerjakannya.
4.
Siswa diberi tugas untuk
melakukan observasi tentang bentuk promosi yang telah dilakukan oleh
perusahaan akan produknya.
5.
Guru mengakhiri kegiatan
belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi
berikutnya.
6.
Guru menyuruh salah satu
siswa untuk memimpin doa penutup.
|
H. Penilaian Hasil
Belajar
1.
Teknik : Non Test dan Test
2.
Bentuk :
·
Penilaian pengetahuan : Tes tertulis uraian
·
Penilaian keterampilan :
Membuat Portofolio tentang hasil observasi sesuai
dengan materi yang diberikan
PENILAIAN PENGETAHUAN
v TES TERTULIS : ESSAY
Kisi-kisi soal
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Indikator
Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.2.
Memahami
motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran
wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
4.2
Mengklasifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalanan wisata
|
3.42
Menjelaskan motivasi tujuan perjalanan wisatawan
3.43 Menjelaskan karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalaan
3.4.4 Memahami
motivasi tujuan perjalanan wisatawan
|
Setelah melakukan kegiatan
observasi, diskusi, dan tanya jawab,
diharapkan:
1.
Menjelaskan tujuan perjalanan wisatawan berdasarkan teori ahli
2.
Peserta didik mampu mengdientifikasi karateristik wisatawan dan
pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status
keluarga saat perjalanan wisata.
3. Peserta
didik mampu menentukan karateristik
wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan
status keluarga saat perjalanan wisata
|
1. Konsep tujuan perjalanan wisatawan
berdasarkan teori ahli
2. Karakterisitk
wisatawan menurut ahli
3. karateristik wisatawan dan
pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status
keluarga saat perjalanan wisata menurut ahli
|
Esay
|
1.Jelaskan Konsep tujuan perjalanan wisatawan
berdasarkan teori ahli
2.Jelaskan
Karakterisitk wisatawan menurut ahli
3.Jelaskan karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis
kelamin dan status keluarga saat
perjalanan wisata menurut ahli
|
Kunci
Jawaban
Kriteria Penskoran :
No. Soal
|
Skor
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3
|
50
|
Jadi skor ideal = 100

PENILAIAN KETERAMPILAN
v Portofolio
Indikator
penilaian keterampilan :
4.4.2. Mengidentifikasi motivasi tujuan perjalanan,
karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis
kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
Instrumen
:

v KRITERIA PENILAIAN portofolio dan mempresntasikan
1) Rubrik kegiatan Presentasi:
No
|
Nama
Murid
|
Aspek
Pengamatan
|
||||||||
Komunikasi
|
Sistematika
penyampaian
|
Wawasan
|
Keberanian
|
Antusias
|
Jumlah
|
Nilai
|
Ket
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor:
Masing-masing
kolom diisi dengan criteria:
4 = baik
sekali
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Nilai =
|
∑
|
Skor perolehan
|
X
|
100
|
Skor Maksimal
|
Kriteria Nilai
A = 80-100 ; Baik sekali
B = 70-79 ; Baik
C = 60-69 ; Cukup
D = <60 ; kurang
Alat,
Media danSumber
·
Alat : LCD, Laptop
·
Media : Video scribe pembelajaran, Gambar
Industri Pariwasata
·
Sumber : Buku Paket dan Internet
RPP kepariwisataan bagian 1.. mau bagiaan lengkapnya tingkal kan pesan ja...
ReplyDeleteBoleh dong bro bagian lengkapnya . . .
ReplyDelete