JIKA Blog ini membantu saudara tolong bantu kami dengan mensubcribe akun youtube kita klik link dibawah ini. Dan mohon untuk di subcribe twrimakasih.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya lah
penulis dapat
menyelesaikan modul
ini dengan baik. Adanya tujuan dari pembuatan modul ini yaitu untuk bahan ajar mata
pelajaran Boga Dasar.
Selesainya modul ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak.
Untuk itu penulis mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan
modul ini,
terutama kepada guru-guru yang mengajar, orang tua dan teman-teman.
Penulis juga menyadari,
bahwa dalam pembuatan
modul ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan, oleh
karena itu penulis mengharapkan kritikan dan saran dari semua pihak
demi kesempurnaan penulis dalam pembuatan modul ini untuk di masa yang akan
datang, sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Sekian yang dapat penulis sampaikan, bila ada kebenaran
itu datang nya dari Allah SWT, dan bila ada kesalahan itu datangnya dari diri
penulis sendiri, akhirnya penulis ucapkan terima kasih.
Padang, Mei 2014
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Deskripsi
Modul
Modul
ini berisikan tentang Boga Dasar “Garnis Makanan dan Minuman”. Pada kegiatan 1 ini akan mempelajari mengenai:
1.
Pengerian
garnis
makanan dan minuman
2.
Fungsi garnis makanan dan minuman
3.
Macam-macam garnis makanan dan minuman
4.
Bahan dan alat yang digunakan pada
garinis dan minuman
5.
Cara membuat dan penyimpanan garnis
makanan dan minuman
6.
Perbedaan garnis makanan dan minuman
B.
Prasyarat
Anda harus menguasai kompetensi tentang boga
dasar, dimana kompetensi ini sangat
erat kaitannya dalam materi mengenai garnis makanan dan
minuman.
C.
Petunjuk
Penggunaan Modul
a.
Penjelasan
bagi peserta didik
1.
Mempelajari modul yang diberikan
2.
Mendiskusikan materi modul dengan
kelompok belajar
3.
Mendiskusikan hasil kerja kelompok dengan fasilitator
b.
Penjelasan
bagi fasilitator/guru
1.
Membantu dan mengakses peserta didik
dalam merencanakan proses belajar
2.
Membimbing peserta didik melalui tugas dan pelatihan yang dijelaskan
dalam tahap belajar
3.
Membantu peserta didik dalam memahami
teori dan praktek
4.
Menjawab pertanyaan mengenai materi pembelajaran
5.
Membantu peserta didik untuk menentukan dan mengakses sumber
tambahan lain yang diperlukan untuk
belajar
6.
Mengorganisasikan kegiatan kelompok
7.
Melaksanakan penilaian
8.
Mencatat kemajuan peserta didik
9.
Mencatat pencapain kompetensi
selanjutnya
D.
Tujuan
Akhir
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
mampu mengidentifikasikan ilmu-ilmu tentang garnis makanan dan minuman di dunia industri dan juga dapat mempraktekkannya agar
menghasilkan nilai yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.
BAB
II
PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Garnis Makanan dan Minuman
Garnis
adalah hiasan untuk makanan dan minuman. Hiasan dalam hal ini adalah segala
sesuatu yang umumnya bisa dimakan yang dibuat sedemikian rupa sehingga
menunjang penampilan suatu hidangan, sekaligus menggugah selera makan dan
selera untuk meminum. Keterampilan membuat garnish tidak hanya
dimiliki mereka yang berbakat seni saja, semua orang bisa membuatnya
sendiri.Yang dibutuhkan untuk menguasai keterampilan garnish adalah kesabaran,
ketekunan, din keinginan untuk selalu mencoba.
Sebelum
menyantap suatu hidangan, indra matalah yang pertama kali menangkap penampilan
suatu hidangan. Jika penampilannya kurang baik sehingga tidak menggugah selera,
kita bisa mengurungkan niat untuk mencicipinya meskipun sebenarnya hidangan
tersebut sangat lezat rasanya. Kesannya akan berbeda jika hidangan yang disajikan
diberi hiasan menarik yang sekaligus biru dimakan. Hidangan nasi goreng yang
disajikan begitu saja di atas piring akan lain kesannya jika diberi hiasan
cabai dan tomat yang dibentuk bunga serta ketimun yang dibentuk daun, misalnya.
Garnish yang dibuat oleh mereka yang ahli memang sangat menarik dan tampaknya
rumit, padahal sebenarnya membuat garnish tidaklah sisukar yang dibayangkan.
Keterampilan
membuat garnish tidak hanya dimiliki mereka yang berbakat seni saja, semua
orang bisa membuatnya sendiri. Yang dibutuhkan untuk menguasai keterampilan
garnish adalah kesabaran, ketekunan, din keinginan untuk selalu mencoba lagi
jika mengalami kegagalan hingga berhasil. Peralatannya pun tidak banyak dan
mahal, cukup pisau tajam berujung runcing, dilengkapi puruit dan lain yang
sangat mudah didapat seperti gunting, tusukan gigi, dan talenan.
B. Fungsi
Garnis Makanan dan minuman
Fungsi dari garnis
makanan dan minuman adalah :
1. Membuat
hidangan tampak lebih indah dan menarik
2. Membuat
selera makan
3. Menambah
rasa dan aroma yang lezat
C. Macam-macam
Garnis Makanan dan Minuman
Macam-macam garnis makanan dan minuman
terbagi menjadi 2 bagia, antara lain :
1. Simple Garnis
adalah garnis yang
terdiri dari satu bahan atau lebih, biasanya terbuat dari sayur-sayuran, cereal
atau makanan-makanan yang sudah jadi, seperti
crouton, bread,
tart, dan sebagainya
2. Composite
Garnis adalah garnis yang terdiri dari bermacam-macam bahan sebagai
hiasan yang sesuai dengan makanan dasar. Bahan-bahan tersebut harus mempunyai
perpaduan rasa dan aroma dengan makanan pokok atau bahan satu dengan yang
lainnya
D. Bahan
dan Alat yang Digunakan pada Garnis Makanan dan Minuman
Bahan dan alat yang digunakan pada
garnis makanan dan minuman adalah :
1.
Bahan
Bahan
yang digunakan yaitu :
a. Tomat

Gambar 1. Tomat Segar
b. Wortel

Gambar 2. Wortel
c. Mentimun

Gambar 3. Mentimun
d. Apel

Gambar 4. Apel
e. Lobak
Cina

Gambar 5. Lobak Cina
f. Bawang
Bombay

Gambar 6. Bawang Bombay
g. Cabe
Merah

Gambar 7. Cabe Merah
h. Lemon

Gambar 8. Lemon
i.
Jeruk Nipis

Gambar 9. Jeruk Nipis
2.
Alat
Alat
yang digunakan yaitu :
a. Alas
meja kerja
b. Celemek
c. Baskom
besar dan kecil
d. Piring
kecil
e. Talenan
f. Pisau
garnis
g. Gunting
h. Tusuk
gigi
i.
Tempat sampah
E. Cara
Membuat dan Penyimpanan Garnis
1.
Cara membuat garnis
Cara
membuat garnis adalah :
a. Siapkan
bahan dan alat yang akan kita buat garnis
b. Cuci
bersih bahan tersebut
c. Buat
garnis sesuai dengan yang kita inginkan
d. Garnis
siap dihidangkan/ ditata




Gambar 1. Macam-macam Bentuk Garnis
2.
Penyimpanan Garnis Makanan dan Mninuman
Cara
menyimpan garnis makanan dan minuman antara lai :
a. Cuci
garnis yang sudah selesai dibentuk
b. Masukkan
kedalam plastic atau ketak
c. Kemudian
simpan kedalam kulkas
F. Perbedaan
Garnis Makanan dan Minuman
a.
Garnis Makanan
1. Digunakan
untuk menghias makanan, seperti singgang ayam, sumur daging, asam padeh daging,
dan lain-lain
2. Memperindah
penampilan makanan
3. Menarik
perhatian konsumen
b.
Garnis Minuman
1. Digunakan
untuk menghian minuman, seperti jus
2. Memperindah
minuman
3. Menarik
perhatian konsumen
BAB III
EVALUASI
A. Teknik
Pengujian
Teknik pengujian yang direncanakan
akan digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik meliputi :
·
Tes tertulis
·
Diskusi
·
Praktek
B. Strategi
Pengujian
·
Mengecek kesiapan peserta
·
Menjelaskan langkah yang harus dilakukan
·
Persiapan langkah yang harus dilakukan
·
Pelaksanaan tes tertulis
·
Pelaksanaan praktek
·
Penjelasan hasil tes
·
Penentuan lulus atau tidak lulus
C. Instrumen
Pengujian
Instrumen pengujian
memuat hal-hal yang perlu ditanyakan dan diinformasikan kepada peserta sebelum
melaksanakan pengujian, antara lain:
1. Kesiapan
Peserta
a) Anda
tahu bahwa anda akan diuji?
b) Kapan
anda siap diuji?
c) Apa
harapan anda dengan pengujian ini?
2. Materi
Uji
a) Kompetensi
mana yang sudah anda kuasai dan siap untuk diuji?
b) Apakah
anda sudah mempelajari sampai paham mengenai pelayanan?
3. Teknik
Menguji
a) Apakah
anda tahu bahwa teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah tes teori
secara tertulis, lisan dan praktek?
b) Seberapa
jauh anda memahami pelayanan
tersebut?
4. Lama
Pengujian
a) Tahukah
anda bahwa dalam praktek harus menggunakan pakaian praktek?
b) Apakah
anda sudah mengetahui pengetahuan pelayanan
makanan dan minuman?
c) Sudah
tahukah anda langkah-langkah dalam melaksanakan praktek?
5. Hal-hal
yang Akan Dinilai
a) Pakaian
praktek serta kelengkapan alat
b) Penataan peralatan
c) Kerapian
d) Ketepatan waktu
6. Hasil
Pengujian
a) Jika
belum berhasil anda mempunyai kesempatan untuk mengulangi kembali
b) Hasil
ujian akan disimpan kerahasiaannya dan akan disimpan dalam file anda
c) Jika
anda merasa kurang puas dalam hasil pengujian ini, maka anda bisa menghubungi
fasilitator/ketua program.
Untuk Lebih Lengkapnya klik link dibawah INI:
No comments:
Post a Comment