PUBLIKASI DAN MEDIA-MEDIA INFORMASI
JIKA Blog ini membantu saudara tolong bantu kami dengan mensubcribe akun youtube kita klik link dibawah ini. Dan mohon untuk di subcribe twrimakasih.
Publikasi merupakan
bagian terpenting di ruang lingkup public relations.Tujuan dari
publikasi adalah untuk menciptakan minat orang pada produk, ide, organisasi,
juga memusatkan perhatian terhadap sesuatu.
Akibat adanya publikasi
informasi ada dua kemungkinan yaitu menguntungkan atau merugikan pihak yang
melakukan publikasi.Fungsi publikasi yang perlu kita ketahui adalah publikasi
yang berfungsi menginformasikan kegiatan dan menginformasikan dakwah. Berikut
beberapa teknik publikasi yaitu:
1.
An emotional appeal, contohnya memanfaatkan kasih sayang orang tua kepada anaknya untuk
pembelian suatu produk
2.
Attention- greeting headline, kepala berita yang berhasil akan membuat pembaca untuk membaca
seluruh isi berita
3.
Slogans, slogan yang bagus akan mudah untuk diingat dan masuk dalam pemikiran
seseorang
4.
Product characters, ini akan memudahkan orang untuk mengenal sesuatu yang dipublikasikan
5.
Testimonial, yaitu menggunakan tokoh-tokoh terkenal sebagai iklan atas pendapat
mereka terhadap produk tertentu.
6.
Repetition,
pengulangan dengan maksud agar publikasi itu dapat ditangkap oleh pembaca.
Langkah-langkah dalam melakukan publikasi adalah:
a.
Menentukan
apa yang akan dipublikasikan, rumusan sederhana publikasi adalah kegiatan bagus
ditambah publikasi yang efektif akan menghasilkan respon yang optimal.
b.
Mencari ide
yang tepat, dengan maksud membuat publikasi kelihatan lebih menonjol, ide biasa
disebut dengan tema. Tema yang tepat menjadi tanda bahwa arah yang dituju sudah
benar
c.
Menulis
naskah publikasi yang bagus, kata-kata yang banyak tidak menjamin pesan
publikasi akan diterima dengan baik, lebih baik menggunakan kata-kata singkat
seperti kata-kata sifat.
d.
Memproduksi publikasi, produksi publikasi yang
kreatif dan menarik akan lebih banyak respon yang dihasilkan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat publikasi yang
efektif yaitu
a.
Buat headline
yang menarik, headline merupakan bagian yang terlihat oleh pembaca. Fungsinya
untuk menarik minat target publikasi untuk membaca.
b.
Isi lengkap namun ringkas, sebuah publikasi
semua informasi disampaikan dalam isi. Publikasi hendaknya lengkap dan detail.
Contoh publikasi sebuah acara maka, publikasi harus tercantum acara apa, kapan,
dimana dan kontak person. Untuk publikasi produk hendaknya menggunakan gambar
illustrasi produk tersebut sangat penting.
c.
Bahasanya disesuaikan dengan target konsumen,
bahasa yang digunakan hendaknya familiar dan mudah dimengerti oleh target
publikasi. Jika target belum mengerti dengan bahasa Inggris jangan sekali-kali
menggunakannya.
d.
Illustrasi
desainnya, illustrasi berfungsi untuk menajamkan mansud publikasi dan menarik
minat pembaca. Contoh publikasi dibuat untuk menjual produk maka perlu gambar
produk yang akan dijual.
e.
Pemilihan
huruf yang tepat, pilihan huruf dalam publikasi hendaknya mudah dibaca dan
simple, huruf merupakan komponen penyusun informasi yang disampaikan dalam
publikasi.
Dalam menjalaskan tugas public relations menggunakan
media-media informasi untuk menyampaikan pesan kepada publik.Kata media merupakan
bentuk jamak dari medium yang berarti perantara atau pengantar terjadinya
komunikasi dari pengirim menuju penerima.Sedang informasi seperti yang telah
dipelajari merupakan hasil dari pengolahan data yang berguna sebagai
pengetahuan atau dasar pengambilan keputusan. Maka pengertian media informasi
adalah alat untuk mengumpulkan dan menyusun kembali sehingga sebuah informasi
menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi.
Media-media informasi
terbagi menjadi bebarapa kelompok antara lain:
1.
Media lini
atas, merupakan media yang tidak langsung bersentuhan dengan target audien dan
jumlahnya terbatas tetapi jangkauan target yang luas, seperti billboard, iklan
televise, iklan radio, dll.
2.
Media lini
bawah, suatu media iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui media
massa dan jangkauan target hanya berfokus pada satu titik atau daerah, seperti
brosur, poster, flyer, sign system, dll. Dilihat dari bentuk terdapat
dua jenis media informasi yaitu:
1.
Media
cetak, media ini dapat berupa brosur, koran, majalah, poster, pamphlet,
spanduk, dll
2.
Media
elektronik, dapat berupa radio, kaset, kamera, handphone dan internet.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Negeri 9 Padang
Mata
Pelajaran : Public Relation
Kelas/
Semester : X (sepuluh) / II (Dua)
Materi
Pokok : Media-media informasi
Alokasi
Waktu : 4 JP (4x45 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
Menghayati karunia
Tuhan Yang Maha Esa dengan membangun hubungan antara pelanggan internal dan
eksternal sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
a. Membiasakan
berdoa dalam berbagai kegiatan membangun hubungan antara pelanggan internal dan
eksternal sebagai wujud syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.
b. Menjaga
tali silaturahmi dengan pelanggan internal dan eksternal sebagai wujud
pengamalan menurut agama yang di anutnya.
2.
Memiliki motivasi
internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam membangun hubungan dan
komunikasi antara pelanggan internal dan eksternal.
a. Memperlihatkan
kesungguhan dalam memahami pengertian
Media-media informasi di industri pariwisata.
b. Membangun
rasa ingin tahu yang tinggi dalam mempelajari jenis-jenis Media-media
informasi di industri pariwisata.
3.
Menunjukkan perilaku
ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, cinta damai, responsive
dan proaktif) dalam membangun
pengetahuan tentang Media-media informasi sebagai
bagian dari sikap ilmiah.
a. Membangun
sikap disiplin selama mengerjakan tugas kelompok tentang pengertian Media-media informasi
di industri pariwisata.
b. Memperlihatkan
rasa tanggung jawab
dalam menyelesaikan tugas kelompok terkait dengan prosedur penyusunan jenis-jenis Media-media informasi
di industri pariwisata.
c. Memperlihatkan
sikap santun dalam menyampaikan pendapat dalam menyelesaikan tugas kelompok
terkait dengan fungsi Media-media informasi
di industri pariwisata.
4.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam membangun hubungan dan komunikasi dengan pelanggan
sebagai wujud implementasi sikap kerja.
d. Menghargai
hasil kerja kelompok yang berkaitan dengan pengertian
Media-media informasi
di industri pariwisata.
a. Menghargai
pendapat individu dan kelompok dalam menyelesaikan project kegiatan Media-media
informasi di industri pariwisata.
5.
Memiliki sikap
responsif dan proaktif dalam lingkungan kerja dengan berlandaskan etika budaya
bangsa
a. Merespon
positif setiap perbedaan dan perubahan dalam lingkungan kerja kelompok dalam
menyelesaikan project kegiatan Media-media informasi di industri pariwisata.
b. Bersikap
proaktif dalam mengantisipasi setiap permasalahan yang timbul dalam kelompok.
6.
Menjelaskan Media-media
informasi
a. Peserta
didik menjelaskan pengertian Media-media informasi
b. Peserta
didik menjelaskan manfaat Media-media informasi bagi industri perhotelan
c. Peserta
didik mengidentifikasi hubungan Media-media informasi dengan industri
pariwisata
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
gambar yang diberikan dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian Media-media
informasi dengan benar dan santun.
2. Melalui
pengumpulan informasi dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan manfaat Media-media
informasi bagi publik internal dalam industri
perhotelan.
3. Melalui
pengumpulan informasi dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis dan fungsi Media-media
informasi di industri perhotelan.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi
pembelajaran ini mencakup:
1. Pengertian
Media-media informasi
2. Jenis-jenis media informasi
3. Manfaat
Media-media informasi bagi industri
perhotelan
E.
Model,
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Model : Project Based
Learning (PJBL)
2. Pendekatan : Scientific Learning
3. Metode
Pembelajaran : ceramah, diskusi kelompok dan persentase
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media : LCD dan laptop
2. Alat : kertas warna,
spidol warna, kertas buram
3. Sumber
Pembelajaran : buku public relation,
media cetak, internet dan lingkungan sekitar
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 4 JP X
45 Menit)
NO
|
KEGIATAN
|
MODEL
PEMBELAJARAN PJBL & SINTAK
|
RINCIAN
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
A.
|
Pendahuluan
/ Kegiatan awal
|
·
Guru mengucapkan
salam dan menanyakan kabar kepada siswa
·
Guru meminta siswa
untuk mengecek kerapihan diri dan kebersihan kelas
·
Siswa melaksanakan
berdo’a dengan dibimbing guru. Saat
berdoa guru memberikan penguatan rasa syukur kepada Tuhan YME terhadap doa
yang dipanjatkan.
·
Guru memeriksa
kehadiran siswa
·
Guru mengajukan
pertanyaan mengenai materi yang sudah dipelajari (apersepsi)
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan cakupan materi pada pertemuan ini
·
Guru mengkondisikan
kelas dan siswa untuk diskusi kelompok (siswa dibagi kedalam 2 kelompok
dengan jumlah anggota 4 orang masing masing kelompok)
|
5 menit
|
|
B.
|
Kegiatan
Inti
|
Penentuan Pertanyaan Mendasar
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati video media-media informasi di industri pariwisata
·
Guru meminta pendapat peserta didik tentang
video tersebut
dari sisi pelaksanaan program
Menanya
·
Peserta didik dalam kelompoknya
menanyakan tentang hal-hal mendasar tentang Media-media informasi seperti
pengertian Media-media informasi
·
Peserta didik menanyakan
manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan Media-media informasi
·
Peserta didik menanyakan
tentang fungsi Media-media informasi di industri pariwisata
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik melalui diskusi kelompok mengumpulkan informasi tentang
pengertian, tujuan dan manfaat Media-media informasi
Menalar
·
Peserta didik mendiskusikan hasil diskusi yang telah berhasil dirangkai
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan hasil dari diskusi
yang dirangkai yang berisi pengertian, tujuan dan manfaat Media-media
informasi
|
35 menit
|
C.
|
Kegiatan
Akhir
|
· Guru
menyampaikan review pokok-pokok materi
· Guru
mengulang kembali tujuan pembelajaran
· Guru
memberi penghargaan dan umpan balik terhadap apa yang telah dihasilkan
peserta didik
· Tindak
lanjut untuk pertemuan selanjutnya dengan pemberian tugas mengumpulkan
informasi tentang teknik wawancara
|
5 menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis, penilaian diskusi dan persentase kelompok.
2. Bentuk
Penilaian dan Instrumen:
a. Penilaian
Sikap (terlampir)
b. Penilaian
Keterampilan (terlampir)
c. Penilaian
Pengetahuan
3. Pedoman
Penskoran Pengetahuan
Interval
Skor
|
Hasil
Konversi
|
Predikat
|
Kriteria
|
96 – 100
|
4.00
|
A
|
SB
|
91 – 95
|
3.67
|
A-
|
|
86 – 90
|
3.33
|
B
|
B
|
81 – 85
|
3.00
|
B+
|
|
75 – 80
|
2.67
|
B-
|
|
70 – 74
|
2.33
|
C+
|
C
|
65 – 69
|
2.00
|
C
|
|
60 – 64
|
1.67
|
C-
|
|
55 – 59
|
1.33
|
D+
|
K
|
< 54
|
1.00
|
D
|
Padang, Januari 2015
Mengetahui
Diperiksa
oleh, Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMK N 9 Padang Kaprog Akom Perhotelan
Drs. RAYMON, M.Pd Nofweni,S.Pd.S.St.Par Naseh Ulwan, S. ST
NIP.
19690805 199303 1 004 NIP. 196711271991032005 NIP.
PENILAIAN
PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
3.10Menjelaskan
Media-media informasi
|
3.10.1Peserta
didik menjelaskan pengertian Media-media informasi
3.10.2Peserta
didik menjelaskan manfaat Media-media informasi bagi public Relation
3.10.3Peserta
didik mengidentifikasi hubungan Media-media informasi dengan industri
pariwisata
|
1.
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian Media-media informasi
2.
Peserta didik dapat menyebutkan
jenis-jenis Media-media informasi
3.
Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat Media-media informasi bagi publik Relation
|
Tes tulis (Essay)
|
1.
Jelaskan pengertian Media-media
informasi!
2.
Sebutkan jenis-jenis Media-media
informasi!
3.
Apa manfaat Media-media informasi bagi
industry perhotelan?
|
Nilai untuk setiap soal essay:
· Soal
essay no 1, maksimal nilai 5 Rumus
Konversi Nilai:
· Soal
essay no 2, maksimal nilai 10
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 4
· Soal
essay no 3, maksimal nilai 20
Jumlah skor maksimal
· Soal
essay no 4, maksimal nilai 25
· Soal
essay no 5, maksimal nilai 40
|
No comments:
Post a Comment