Contoh RPP PR 2



PUBLIKASI DAN MEDIA-MEDIA INFORMASI


JIKA Blog ini membantu saudara tolong bantu kami dengan mensubcribe akun youtube kita klik link dibawah ini. Dan mohon untuk di subcribe  twrimakasih.


Publikasi merupakan bagian terpenting di ruang lingkup public relations.Tujuan dari publikasi adalah untuk menciptakan minat orang pada produk, ide, organisasi, juga memusatkan perhatian terhadap sesuatu.
Akibat adanya publikasi informasi ada dua kemungkinan yaitu menguntungkan atau merugikan pihak yang melakukan publikasi.Fungsi publikasi yang perlu kita ketahui adalah publikasi yang berfungsi menginformasikan kegiatan dan menginformasikan dakwah. Berikut beberapa teknik publikasi yaitu:
1.         An emotional appeal, contohnya memanfaatkan kasih sayang orang tua kepada anaknya untuk pembelian suatu produk
2.         Attention- greeting headline, kepala berita yang berhasil akan membuat pembaca untuk membaca seluruh isi berita
3.         Slogans, slogan yang bagus akan mudah untuk diingat dan masuk dalam pemikiran seseorang
4.         Product characters, ini akan memudahkan orang untuk mengenal sesuatu yang dipublikasikan
5.         Testimonial, yaitu menggunakan tokoh-tokoh terkenal sebagai iklan atas pendapat mereka terhadap produk tertentu.
6.          Repetition, pengulangan dengan maksud agar publikasi itu dapat ditangkap oleh pembaca.
Langkah-langkah dalam melakukan publikasi adalah:
a.       Menentukan apa yang akan dipublikasikan, rumusan sederhana publikasi adalah kegiatan bagus ditambah publikasi yang efektif akan menghasilkan respon yang optimal.
b.      Mencari ide yang tepat, dengan maksud membuat publikasi kelihatan lebih menonjol, ide biasa disebut dengan tema. Tema yang tepat menjadi tanda bahwa arah yang dituju sudah benar
c.       Menulis naskah publikasi yang bagus, kata-kata yang banyak tidak menjamin pesan publikasi akan diterima dengan baik, lebih baik menggunakan kata-kata singkat seperti kata-kata sifat.
d.       Memproduksi publikasi, produksi publikasi yang kreatif dan menarik akan lebih banyak respon yang dihasilkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat publikasi yang efektif yaitu
a.       Buat headline yang menarik, headline merupakan bagian yang terlihat oleh pembaca. Fungsinya untuk menarik minat target publikasi untuk membaca.
b.       Isi lengkap namun ringkas, sebuah publikasi semua informasi disampaikan dalam isi. Publikasi hendaknya lengkap dan detail. Contoh publikasi sebuah acara maka, publikasi harus tercantum acara apa, kapan, dimana dan kontak person. Untuk publikasi produk hendaknya menggunakan gambar illustrasi produk tersebut sangat penting.
c.        Bahasanya disesuaikan dengan target konsumen, bahasa yang digunakan hendaknya familiar dan mudah dimengerti oleh target publikasi. Jika target belum mengerti dengan bahasa Inggris jangan sekali-kali menggunakannya.
d.      Illustrasi desainnya, illustrasi berfungsi untuk menajamkan mansud publikasi dan menarik minat pembaca. Contoh publikasi dibuat untuk menjual produk maka perlu gambar produk yang akan dijual.
e.       Pemilihan huruf yang tepat, pilihan huruf dalam publikasi hendaknya mudah dibaca dan simple, huruf merupakan komponen penyusun informasi yang disampaikan dalam publikasi.
Dalam menjalaskan tugas public relations menggunakan media-media informasi untuk menyampaikan pesan kepada publik.Kata media merupakan bentuk jamak dari medium yang berarti perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima.Sedang informasi seperti yang telah dipelajari merupakan hasil dari pengolahan data yang berguna sebagai pengetahuan atau dasar pengambilan keputusan. Maka pengertian media informasi adalah alat untuk mengumpulkan dan menyusun kembali sehingga sebuah informasi menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi.
Media-media informasi terbagi menjadi bebarapa kelompok antara lain:
1.         Media lini atas, merupakan media yang tidak langsung bersentuhan dengan target audien dan jumlahnya terbatas tetapi jangkauan target yang luas, seperti billboard, iklan televise, iklan radio, dll.
2.         Media lini bawah, suatu media iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui media massa dan jangkauan target hanya berfokus pada satu titik atau daerah, seperti brosur, poster, flyer, sign system, dll. Dilihat dari bentuk terdapat dua jenis media informasi yaitu:
1.         Media cetak, media ini dapat berupa brosur, koran, majalah, poster, pamphlet, spanduk, dll
2.            Media elektronik, dapat berupa radio, kaset, kamera, handphone dan internet.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMK Negeri 9 Padang
Mata Pelajaran            : Public Relation
Kelas/ Semester           : X (sepuluh) / II (Dua)
Materi Pokok              : Media-media informasi
Alokasi Waktu            : 4 JP (4x45 menit)
A.      Kompetensi Inti (KI)
             1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
             2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
             3.     Memahami menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
             4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.   Menghayati karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan membangun hubungan antara pelanggan internal dan eksternal sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
a.       Membiasakan berdoa dalam berbagai kegiatan membangun hubungan antara pelanggan internal dan eksternal sebagai wujud syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Menjaga tali silaturahmi dengan pelanggan internal dan eksternal sebagai wujud pengamalan menurut agama yang di anutnya.
2.   Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam membangun hubungan dan komunikasi antara pelanggan internal dan eksternal.
a.       Memperlihatkan kesungguhan dalam memahami pengertian Media-media informasi di industri pariwisata.
b.      Membangun rasa ingin tahu yang tinggi dalam mempelajari jenis-jenis Media-media informasi di industri pariwisata.
3.   Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, cinta damai, responsive dan proaktif) dalam membangun pengetahuan tentang Media-media informasi sebagai bagian dari sikap ilmiah.
a.       Membangun sikap disiplin selama mengerjakan tugas kelompok tentang pengertian Media-media informasi di industri pariwisata.
b.      Memperlihatkan rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas kelompok terkait dengan prosedur penyusunan jenis-jenis Media-media informasi di industri pariwisata.
c.       Memperlihatkan sikap santun dalam menyampaikan pendapat dalam menyelesaikan tugas kelompok terkait dengan fungsi Media-media informasi di industri pariwisata.
4.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam membangun hubungan dan komunikasi dengan pelanggan sebagai wujud implementasi sikap kerja.
d.      Menghargai hasil kerja kelompok yang berkaitan dengan pengertian Media-media informasi di industri pariwisata.
a.       Menghargai pendapat individu dan kelompok dalam menyelesaikan project kegiatan Media-media informasi di industri pariwisata.
5.   Memiliki sikap responsif dan proaktif dalam lingkungan kerja dengan berlandaskan etika budaya bangsa
a.       Merespon positif setiap perbedaan dan perubahan dalam lingkungan kerja kelompok dalam menyelesaikan project kegiatan Media-media informasi di industri pariwisata.
b.      Bersikap proaktif dalam mengantisipasi setiap permasalahan yang timbul dalam kelompok.
6.   Menjelaskan Media-media informasi
a.       Peserta didik menjelaskan pengertian Media-media informasi
b.      Peserta didik menjelaskan manfaat Media-media informasi bagi industri perhotelan
c.       Peserta didik mengidentifikasi hubungan Media-media informasi dengan industri pariwisata

C.      Tujuan Pembelajaran
             1.     Melalui gambar yang diberikan dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian Media-media informasi dengan benar dan santun.
             2.     Melalui pengumpulan informasi dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan manfaat Media-media informasi bagi publik internal dalam industri perhotelan.
             3.     Melalui pengumpulan informasi dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis dan fungsi Media-media informasi di industri perhotelan.
D.      Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran ini mencakup:
             1.     Pengertian Media-media informasi
             2.     Jenis-jenis media informasi
             3.     Manfaat Media-media informasi bagi industri perhotelan
E.       Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran
             1.     Model                          : Project Based Learning (PJBL)
             2.     Pendekatan                  : Scientific Learning
             3.     Metode Pembelajaran  : ceramah, diskusi kelompok dan persentase

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
             1.     Media                          : LCD dan laptop
             2.     Alat                             : kertas warna, spidol warna, kertas buram
             3.     Sumber Pembelajaran  : buku public relation, media cetak, internet dan lingkungan sekitar

G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 4 JP X 45 Menit)
NO
KEGIATAN
MODEL PEMBELAJARAN PJBL & SINTAK
RINCIAN KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

A.
Pendahuluan / Kegiatan awal

·       Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada siswa
·       Guru meminta siswa untuk mengecek kerapihan diri dan kebersihan kelas
·       Siswa melaksanakan berdo’a dengan dibimbing guru.  Saat berdoa guru memberikan penguatan rasa syukur kepada Tuhan YME terhadap doa yang dipanjatkan.
·        Guru memeriksa kehadiran siswa
·       Guru mengajukan pertanyaan mengenai materi yang sudah dipelajari (apersepsi)
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi pada pertemuan ini
·       Guru mengkondisikan kelas dan siswa untuk diskusi kelompok (siswa dibagi kedalam 2 kelompok dengan jumlah anggota 4 orang masing masing kelompok)
5 menit
B.
Kegiatan Inti
Penentuan Pertanyaan Mendasar
Mengamati
·       Peserta didik mengamati video media-media informasi di industri pariwisata
·       Guru meminta pendapat peserta didik tentang video tersebut dari sisi pelaksanaan program Menanya
·       Peserta didik dalam kelompoknya menanyakan tentang hal-hal mendasar tentang Media-media informasi seperti pengertian Media-media informasi
·       Peserta didik menanyakan manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan Media-media informasi
·       Peserta didik menanyakan tentang fungsi Media-media informasi di industri pariwisata
Mengumpulkan informasi
·          Peserta didik melalui diskusi kelompok mengumpulkan informasi tentang pengertian, tujuan dan manfaat Media-media informasi
Menalar
·          Peserta didik mendiskusikan hasil diskusi yang telah berhasil dirangkai
Mengomunikasikan
·          Peserta didik menjelaskan hasil dari diskusi yang dirangkai yang berisi pengertian, tujuan dan manfaat Media-media informasi
35 menit
C.
Kegiatan Akhir

·       Guru menyampaikan review pokok-pokok materi
·       Guru mengulang kembali tujuan pembelajaran
·       Guru memberi penghargaan dan umpan balik terhadap apa yang telah dihasilkan peserta didik
·       Tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya dengan pemberian tugas mengumpulkan informasi tentang teknik wawancara
5 menit



H.      Penilaian
             1.     Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis, penilaian diskusi dan persentase kelompok.
             2.     Bentuk Penilaian dan Instrumen:
a.       Penilaian Sikap (terlampir)
b.      Penilaian Keterampilan (terlampir)
c.       Penilaian Pengetahuan
             3.     Pedoman Penskoran Pengetahuan

Interval Skor
Hasil Konversi
Predikat
Kriteria
96 – 100
4.00
A
SB
91 – 95
3.67
A-
86 – 90
3.33
B
B
81 – 85
3.00
B+
75 – 80
2.67
B-
70 – 74
2.33
C+
C
65 – 69
2.00
C
60 – 64
1.67
C-
55 – 59
1.33
D+
K
< 54
1.00
D

Padang,     Januari  2015
Mengetahui                              Diperiksa oleh,                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK N 9 Padang        Kaprog Akom Perhotelan






Drs. RAYMON, M.Pd                         Nofweni,S.Pd.S.St.Par                                   Naseh Ulwan, S. ST
NIP. 19690805 199303 1 004 NIP. 196711271991032005               NIP.



PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal

3.10Menjelaskan Media-media informasi


3.10.1Peserta didik menjelaskan pengertian Media-media informasi
3.10.2Peserta didik menjelaskan manfaat Media-media informasi bagi public Relation
3.10.3Peserta didik mengidentifikasi hubungan Media-media informasi dengan industri pariwisata


1.     Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Media-media informasi
2.     Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis Media-media informasi
3.     Peserta didik dapat menjelaskan manfaat Media-media informasi bagi publik Relation

Tes tulis (Essay)
1.     Jelaskan pengertian Media-media informasi!
2.     Sebutkan jenis-jenis Media-media informasi!
3.     Apa manfaat Media-media informasi bagi industry perhotelan?

Nilai untuk setiap soal essay:
·      Soal essay no 1, maksimal nilai 5                                      Rumus Konversi Nilai:                      
·      Soal essay no 2, maksimal nilai 10                                    Nilai  =  Jumlah skor yang diperoleh x 4
·      Soal essay no 3, maksimal nilai 20                                                  Jumlah skor maksimal
·      Soal essay no 4, maksimal nilai 25
·      Soal essay no 5, maksimal nilai 40



No comments:

Post a Comment

Teknik pembuatan pudding

Cold pudding Menggunakan agar agar sbg pngental dan dpt jg mnggunakan tepung custard dan tepung  maizena. Pengolahan dg cara  dreb...