RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia Kelas / Semester : 5 / Pertam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :     SDN 07 LEMBAH MELINTANG
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     5 / Pertama
Standar Kompetensi   :         1          Mendengarkan
                                              Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                              :     2 X 35 Menit


MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan.
§  Siswa dapat Menananggapi pernyataan.
§  Siswa dapat Menanggapi. penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menceriterakan penjelasan nara sumber

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Penjelasan nara sumber

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti  :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan.
F Menananggapi pernyataan.
F Menanggapi. penjelasan nara sumber.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
F Menceriterakan penjelasan nara sumber.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks, Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
·  Lisan.
·  Tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tanggapilah pernya-taan nara sumber!
·  Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan nara sumber!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI. S.Pd
NIP :                                                                     NIP :1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :  5 / Pertama
Standar Kompetensi   :  Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                          :  2 X 35 Menit


MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.2. Mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengar

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Mendengarkan cerita rakyat.
§  Siswa dapat Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar.
§  Siswa dapat Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
§  Siswa dapat Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Cerita Rakyat

D.    Pengalaman Belajar    
§  Kegiatan Awal                       
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti                                      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita rakyat.
F Mendaftar nama-nama tokoh cerita yang didengar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencatat latar dan alamat cerita rakyat yang didengar.
F Memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis


E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat.
·  Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
·  Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
·  Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.
·  Lisan.
·  Tertulis
·  Tugas
Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah daftar na-ma-nama tokoh ceri-ta yang di dengar!
·  Buatlah catatan  latar dan alamat cerita rakyat yang didengar!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI S.Pd.
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :     SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     5 / Pertama
Standar Kompetensi    :        2          Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.
Waktu                              :     2 X 35 Menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.1.  Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan.
§  Siswa dapat Menananggapi pernyataan.
§  Siswa dapat Menanggapi. penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menceriterakan penjelasan nara sumber

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks penjelasan nara sumber

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti                                      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan tanggapan berupa pendapat,saran atau alas an terhadap suatu persoalan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan percakapan.
F Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan.
F Mencatat pokok-pokok persoalan dalam percakapan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-      Mengerjakan soal-soal latihan
-      Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
·  Lisan.
·  Tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tanggapi-lah  penje-lasan nara sumber!



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                           GUSNIARTI.S.Pd.
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :  5 / Pertama
Standar Kompetensi    :        2          Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.
Waktu                          :  2 X 35 Menit


BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.2.  Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar.

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Memahami laporan hasil kunjungan.
§  Siswa dapat Membuat laporan hasil kunjungan.
§  Siswa dapat Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
§  Siswa dapat Menanggapi isi laporan kunjungan.
           
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks Laporan Hasil Kunjungan

D.    Pengalaman Belajar    
§  Kegiatan Awal                       
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti                                      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menentukan hal-hal yang diamati berdasarkan Laporan Hasil Kunjungan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan isi gambar berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.
F Memahami laporan hasil kunjungan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     VI. Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
·  Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
·  Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
·  Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.

·  Lisan
·  Tertulis
·  Portofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah laporan hasil kunjungan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1



 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.








                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :     ..................................
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     5 / Pertama
Standar Kompetensi :           3.         Membaca
  Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi.
Waktu                              :     2 X 35 Menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
§  Siswa dapat Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
§  Siswa dapat Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks   Percakapan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal                                    :
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
§  Kegiatan Inti                                                   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks percakapan secara berpasangan.
F Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis tentang penjelasan teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
·  Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
·  Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.

·  Lisan.
·  Tertulis

Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah catatan hal-hal pokok dalam percakapan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1







&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.








                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :     SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     5 / Pertama
Standar Kompetensi   :         3.         Membaca
  Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi.
Waktu                              :     2 X 35 Menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Membaca teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§  Siswa dapat Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
§  Siswa dapat Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat.
§  Siswa dapat Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks   Bacaan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal                                    :
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
§  Kegiatan Inti                                                   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit.
F Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang telah dibacat.
F Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit.
·  Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
·  Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.

·  Lisan.
·  Tertulis

Lembar penilaian
Produk
·  Ajukanlah dan jawablah pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :     SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     5 / Pertama
Standar Kompetensi :           3.         Membaca
                                              Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi.
Waktu                              :     4 X 35 Menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.3   Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Membaca puisi dengan lafal
§  Siswa dapat Menjelaskan puisi
§  Siswa dapat Mencari puisi yang bertema

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks   Puisi

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal                                    :
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang puisi
§  Kegiatan Inti                                                   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menentukan jeda, penggalan dalam puisi.
F Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari puisi yang bertema-kan Pahlawan  dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
·  Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
·  Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

·  Lisan.
·  Tertulis
·  Penugasan


Lembar penilaian
Produk
·  Bacalah  puisi dengan ekspresi dan penghaya-tan yang tepat!
·  Carilah puisi yang bertema-kan Pahlawan  dan membaca-kan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1







&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI, S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :  5 / Pertama
Standar Kompetensi : 4.       Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

Waktu                          :  4 X 35 Menit

MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan

B.     Tujuan Pembelajaran**:
-      Siswa dapat Menentukan judul karangan.
-      Siswa dapat Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.
-      Siswa dapat Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
-      Siswa dapat Membaca karangan yang dibuat sendiri.
-      Siswa dapat Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks Karangan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal                                    :
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan Menulis karangan
§  Kegiatan Inti                                                   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca karangan yang dibuat sendiri.
F Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan judul karangan.
F Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.
F Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis tentang pilihan kata dan penggunaan ejaan

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat menentukan judul karangan.
·  Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
·  Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
·  Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
·  Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.
·  Tertulis
·  Potofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah  karangan berdasar-kan penga-laman!
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI,S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :  5 / Pertama
Standar Kompetensi :  4.      Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

Waktu                          :  4 X 35 Menit

MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagamaan, kegiatan sekolah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Membaca surat undangan
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai surat undangan
§  Siswa dapat Melengkapi surat undangan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks Undangan Resmi

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal                                    :
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan Menulis surat undangan
§  Kegiatan Inti                                                   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melengkapi surat undangan dengan tepat
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagamaan, kegiatan sekolah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
·  Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.

·  Tertulis
·  Portofolio

Lembar penilaian
Produk
·  Lengkapi-lah surat undangan resmi  dengan tepat!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI,S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SDN 07 Lembah Melintang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :  5 / Pertama
Standar Kompetensi :  4.      Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

Waktu                          :  4 X 35 Menit

MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya

B.     Tujuan Pembelajaran**:          
§  Siswa dapat Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok               
§  Teks Dialog

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal                                    :
Apersepsi  dan Motivasi :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti                                                   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca contoh dan kesimpulan dialog.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
F Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
F Memperagakan dialog yang dibuat.
F Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
F Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
F Membuat kalimat seru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                                            :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar                        :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
·  Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
·  Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
·  Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
·  Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! )
·  Tertulis
·  Tertulis
·  Penugasan

Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar!
·  Peragakanlah percakapan dan menyimpulkan isi percakapan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            GUSNIARTI,S.Pd
NIP :                                                                     NIP : 1966 08092005 01 2002

No comments:

Post a Comment

Teknik pembuatan pudding

Cold pudding Menggunakan agar agar sbg pngental dan dpt jg mnggunakan tepung custard dan tepung  maizena. Pengolahan dg cara  dreb...