SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester :2 (dua)
Alokasi Waktu :
16 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 7. Mempraktikkan pola
penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat
jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
|
Energi dan
Perubahannya
A. Gaya dan Benda
|
o
Memahami
peta konsep tentang gaya
o
Melakukan
kegiatan 7.1, 7.2, dan 7.3
o
Pemanfaatan
gaya dalam berbagai peralatan :
-
Alat
panah
-
Katapel
-
Jungkat-jungkit
o
Membahas
kegiatan 7.2 dan 7.3
o
Melakukan
diskusi tentang kegiatan tersebut
o
Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
o
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi gerak benda
o
Menyebutkan
alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
-
Semakin
sepeda
-
Mesin jahit
-
Alat
timba air
-
Alat
penggerek bendera
o
Memahami
cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.
|
o Membuat model untuk menunjukkan gaya
pengaruh terhadap gerak, misalnya:
membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang
mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak
jungkat-jungkit.
o Memberi contoh penggunaan alat yang
berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan 7.1
Hlm.115
Kegiatan 7.2
Hlm.116
Kegiatan 7.3
Hlm.116
Tugas 7.1
Hlm.118
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
- Bola plastik, ranting pohon
berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu, pisau, batu kecil,
papan dan batu bata.
|
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan
perubahan energi listrik
|
Energi dan
Perubahannya
B. Energi listrik
|
o
Memahami
peta konsep tentang energi listrik
o
Mengerjakan
kegiatan 7.4, 7.5, 7.6, 7.7,
7.8.
o
Mengerjakan
uji kompetensi. dan Latihan soal.
o
Memahami
prinsip kerja sumber energi listrik generator
o
Menyebutkan
penggerak pembangkit listrik
-
Tenaga
air
-
Tenaga
diesel
-
Tenaga
uap
-
Tenaga
nuklir
-
Tenaga
panas bumi
-
Tenaga
matahari
-
Tenaga
angin
o
Menjelaskan
proses kerja pembangkit listrik
o
Memahami
bagian dari baterai, aki dan dinamo sepeda
o
Memahami
prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda
o
Menjelaskan
perubahan energi listrik
o
Menyebutkan
alat-alat yang menggunakan energi listrik
o
Mengelompokan
benda yang menggunakan listrik dari PLTN
o
Mengelompokan
benda yang menggunakan listrik dari baterai
o
Menyebutkan
alat ukur listrik
-
Ohmmeter
-
Amperemeter
-
Voltmeter
-
AVO
meter
|
o Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya :
pengaruh menggosok benda.
o Mengidentifikasi berbagai sumber energi
listrik.
o Membuat rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
o Menggolongkan benda-benda yang bersifat
konduktor dan isolator listrik.
o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi
listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o Mencari contoh alat rumah tangga yang
memanfaatkan perubahan energi listrik.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
kegiatan 7.4
Hlm.119
kegiatan 7.5
Hlm.122
kegiatan 7.6
Hlm.123
kegiatan 7.7
Hlm.124
kegiatan 7.8.
Hlm.125
uji kompetensi
Hlm.129
Latihan soal.
Hlm.131
|
10 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
- Penggaris, kertas, buku
- Kabel 50 cm, lampu 1,5 V, baterai
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
No comments:
Post a Comment