NAMA SEKOLAH :
|
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas
/ Semester : VI / 1
|
Standar
Kompetensi : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
SUMBER BELAJAR/ ALAT
|
ALOKASI WAKTU
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1
Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia
|
§ Perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
§ Memperhatian penjelasan
guru tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§ Mengamatai atlas/globe
|
§ Menjelaskan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§ Menunjukan perkembangan
sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§ Membandingkan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara
tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Peta,
Globe,
Buku
yang relevan
|
18 x 35 menit
pert 1-6 (6 minggu)
|
1.2 membandingkan ke
nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
§ Kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
|
§ Tanya jawab tentang
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
§ Menunjukan tentang
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§ Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga
|
Peta,
Globe,
Buku
yang relevan
|
18 x 35 menit
pert 7-12
(6 minggu)
|
1.3 Mengodentifikasi kan benua-beua
|
§ Benua-benua
|
§ Mengamati atlas/globe
§ Mendiskusikan
benua-benua
|
§ Menunjukkan benua-benua
§ Membedakan benua- benua
|
Tertulis,
|
Pengamatan
|
Gambarkan atlas/globe
|
Peta,
Globe,
Buku
yang
relevan
|
18 x 35 menit
pert 13-18 (6 minggu)
|
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur (
fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
|
No comments:
Post a Comment