NAMA SEKOLAH :
|
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas
/ Semester : VI / 2
|
Standar
Kompetensi : 2. Memahami gejala alam
yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR/ ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara
tetangga
|
§ Gejala (Peristiwa) alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
§ Membandingkan gejala
alam negara Indonesia dan Negara-negara tetangga
|
§ Menunjukkan pada peta
letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§ Membandingkan ciri-ciri
gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Jelaskan gejala (peristiwa)
alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
12 x 35 menit
pert 1-4
(4 minggu)
|
Gambar
Peta
Indonesia,
Gambar
peta
ASEAN
|
2.2
Mengenal
cara-cara menghadapi bencana alam
|
§ Cara-cara menghadapi
bencana alam
|
§ Mendiskusikan cara-cara
menghadapi bencna alam
§ Tanya jawan jenis-jenis
bencana alam
|
§ Menjelaskan carca-cara
menghadapi bencana alam
§ Tanya Jawanb
jenis-jenis bencana alam
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Jelaskan carca-cara menghadapi
bencana alam
|
12 x 35 menit
pert 1-4 (4
minggu)
|
Gambar
bencana alam yang disebabkan oleh
banjir, gempa bumi, tsunami,
Kekeringan
|
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur (
fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
|
Standar
Kompetensi : Memahami peranan bangsa
Indonesia di era global
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR/ ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.3
Menjelaskan
peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia
|
§ Peranan Indonesia pada
era globalisasi dan dampak positif serta negatif nya terhadap kehidupan bagsa
Indonesia
|
§ Menjelaskan peranan
Indonesia pada era globalisasi
§ Mendiskusikan contoh
perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi
|
§ Menjelaskan Peranan
Indonesia pada era globalisasi
§ Menjelaskan contoh
perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya,
hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
|
Tertulis:,
|
Jawab,
singkat
|
Jelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi
(misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan,
nilai-nilai, dan trandisi)
|
12 x 35 menit
pert 9-12
(4 minggu)
|
Gambar
pabrik tekstil, gambar kilang minyak
|
2.4
Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
§ Manfaat ekspor dan
impor
|
§ Menjelaskan jenis
barang yang diekpor dan disipan
§ Mendiskusikan
bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri
§ Mendiskusikan manfaat
adanya pertukaran
|
§ Menemutunjukkan barang
yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
§ Menjelaskan
betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar
negeri
§ Menunjukkan manfaat
adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
|
Tertulis:,
|
Jawab,
singkat
|
Jelaskan betuk-bentuk kegiatan
pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
|
12 x 35 menit
pert 13-16
(4
minggu)
|
Gambar
kapal yang sedang bongkar muat barang di pelabuhan
|
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur (
fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
|
No comments:
Post a Comment