SILABUS
PEMBELAJARAN
SIlabus yang lainnya klik link INI: http://evassmat.com/9fLG
Nama Sekolah :
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : VI
Semester : 2
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Memahami peran Indonesia
dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia
Tenggara.
|
§ Kerja sama antar negara
di Asia Tenggara.
Sejarah ASEAN.
Lambang ASEAN
Tujuan pokok pembentukan
dan prinsip utama ASEAN
§ Dasar-dasar kerja sama
untuk mencapai tujuan pokok
§ Struktur Organisasi
ASEAN
§ Struktur sekretariat
ASEAN
|
§ Membahas pengertian kerja
sama di negara-negara ASEAN.
§ Membahas sejarah
terbentuknya ASEAN.
§ Mengamati peta ASEAN.
§ Mengamati gambar
lambang ASEAN
§ Menyebutkan tujuan pokok pembentukan ASEAN
§ Menyebutkan dasar-dasar
kerja sama ASEAN
§ Menyebutkan struktur
organisasi ASEAN
§ Membahas struktur
sekretariat ASEAN
|
§ Menyebutkan pengertian
kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para
tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan
negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti
lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama
yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok
sekretariat Nasional ASEAN
|
Tugas berkelompok
Tugas individu.
|
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
|
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti
lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket (buku
Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sri-wilujeng, M.pd.) hal 69-75.
§ Teman.
§ Orang tua.
§ Koran.
|
§ Kerja sama
Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang.
Bidang politik dan keamanan.
Bidang ekonomi
Bidang sosial budaya
|
§ Membahas contoh-contoh
kerja sama di bidang politik.
§ Membahas bentuk kerja
sama dibidang ekonomi
§ Membahas bentuk kerja
sama dibidang sosial budaya
|
§ Menyebutkan
langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh
bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya
ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya
ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan.
|
§ Menjelas-kan mengapa
ASEAN memben-tuk AFTA.
|
§ Buku paket (buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd.) hal 75- 82
§ Teman
§ Orang tua
§ Koran
|
||
3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
|
§ Peran Indonesia dalam
lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.
§ Kerja sama
negara-negara ASEAN.
§ Peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara ASEAN
|
§ Membahas peranan
Indonesia dalam organisasi ASEAN.
§ Melakukan ulangan
berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran
Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
|
§ Menyebutkan hasil peran
aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§ Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran
Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
|
Tugas individu.
Ulangan harian
|
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda
§ Penilaian
§ lisan atau tertulis
(uraian singkat).
|
§ Membuat karangan
mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§ KTT ASEAN pertama diadakan
di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala Lumpur
§ Jelaskan tujuan
dibentuknya ASEAN
|
2 x 35 menit.
|
§ Buku paket hal 82-90.
§ Buku referensi lain.
§ Koran.
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ),
Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
No comments:
Post a Comment