DOWNLOAD RPP FRONT OFFICE KELAS XII: http://evassmat.com/1BYE
Kegiatan Belajar
1: Mengenal seksi operator telepon.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
para siswa diharapkan mampu:
a.
Menjelaskan
pengertian bagian telepon operator
b.
Memahami
bahwa telpon operator adalah salah satu bagian yang ada di Front Office
Departement
c.
Mendiskripsikan
layanan, ruang lingkup tugas dan tanggung jawab petugas telpon operator
d.
Mengenali
kepribadian seorang petugas telepon operator
e.
Menyadari
bahwa telepon operator berperan dalam menambah pendapatan hotel
f.
Menggali
seksi operator telepon
g.
Mengidentifikasi
layanan operator telepon
h.
Tugas
dan Latihan
|
A. Uraian
Materi
1.
Pengertian
Section
Telepon Operator
Seperti tubuh manusia dalam menjalankan aktivitasnya pasti dibantu oleh
beberapa indera/bagian seperti tangan, kaki dan mulut begitu pula dengan
operasional di hotel membutuhkan
beberapa departemen yang mendukung berjalannya kegiatan ini, ada yang
dinamakan Housekeeping Departement, Food and Beverage Departement, dan sesuai dengan pelajaran
kita ini adalah Front Office Departement.
Front Office departement ini dalam menjalankan kegiatan operasionalnya
juga didukung oleh beberapa bagian yang ada didalamnya seperti:
receptionis,reservasi dan Telepon operator yang akan kita bahas ini.
Beberapa pengertian telepon operator yang dirangkum dari beberapa sumber adalah:
Telepon operator adalah salah satu bagian atau seksi yang ada di Front Office Departement yang bertugas
sebagai penerima telepon (Incoming Call), memfasilitasi telepon keluar (Outgoing call) dan melayani fasilitas
lain seperti: wake up call service dan paging service dan juga,
Telepon Operator adalah salah satu seksi yang ada pada Kantor Depan Hotel
yang mempunyai kedudukan yang sama dengan petugas informasi, penerima
tamu, pemesanan kamar, pelayanan barang dan kasir kantor depan.
2.
Telepon
Operator suatu bagian dari Front Office Departement
Front Office departement memiliki
beberapa bagian seperti receptiont, Reservation ,Guest Relation Officier, Information Desk dan juga Telepon
Operator. Untuk mempermudah dalam memahaminya digambarkan dalam gambar dibawah
ini
Gambar 1.1. Section / bagian yang ada di Front Office departement
3.
Mendiskripsikan
layanan, ruang lingkup tugas dan tanggung jawab petugas telepon operator.
1)
Layanan
Komunikasi yang diberikan telepon operator
Sekarang bahwa sedang trend dimana rule dari telephone
operator hotel juga menjalankan tugas reservasi, upselling, dan sekaligus
pemandu untuk berbagai informasi tertentu yang diarahkan untuk terjadinya suatu
transaksi. Jadi tidak hanya pasif menerima telepon dan menyambungkan saja.
Adapun
layanan komunikasi yang biasanya diberikan oleh pihak hotel / telepon operator
adalah :
Gambar 1.2. Layanan section Telepon Operator
2)
Tugas
Telepone Operator
Secara umum Telepone Operator adalah petugas
pada Departemen Kantor Depan yang bertanggung jawab atas penanganan sambungan
telepon, baik yang masuk maupun keluar serta memberikan fasilitas hubungan
lainnya, untuk lebih memperjelasnya perhatikan bagan dibawah ini :
4.
Mengenali
kepribadian petugas telepon operator
Kepribadian petugas telepon operator sangat
menentukan terhadap pelayanan yang diberikan, sebab harapan dan keinginan tamu
yang datang ke hotel adalah menginginkan satu paket yang terbaik antara produk,
pelayanan dan proses pemberian pelayanan tersebut. Apabila petugas telepon operator dapat bersikap ramah, berpengetahuan
baik tentang kondisi hotel, cepat tanggap tentunya konsumen akan tertarik untuk
membeli jasa di hotel tersebut. Adapun kepribadian yang harus dimiliki oleh
petugas telepon operator adalah sebagai
berikut:
Gambar 1.3. Kepribadian petugas Telepon Operator
5.
Telepon
operator berperan dalam menambah pendapatan hotel
Telepon operator merupakan perantara
pertama bagi calon tamu yang akan melakukan pemesanan kamar pada suatu hotel
hal ini dikarenakan setiap telepon yang masuk ke hotel akan diterima pertama
kali oleh petugas telepon operator baik tamu yang menanyakan informasi hotel
maupun tamu yang memang akan memesan kamar secara langsung oleh karena itu
petugas telepon operator seharusnya bisa membirakan citra yang baik bagi hotel
melalui komunikasi telepon yang dijalin
dengan calon tamu.
Setelah terbentuknya citra yang baik
bagi hotel maka calon tamu tersebut merasa senang dan bersedia secara langsung
untuk menggunakan jasa yang disediakan oleh hotel dan secara langsung pada
akhirnya akan memberikan pendapatan yang lebih pada hotel, sebaliknya jika
citra yang diberikan tidak baik maka calon tamu tentunya akan berpikir ulang
untuk melakukan pembelian di hotel tersebut.
Gambar 1.4. Pengaruh
layanan Telepon Operator terhadap
pendapatan
6.
Menggali
seksi operator telepon
Operator Telepon adalah salah
satu bagian penting yang potensial yang ada di Front Office departement memberikan image kepada Customer pertama
kali dalam menilai / melihat hotel kita. Penilaian itu akan langsung di berikan
tamu tatkala kita menyampaikan Greeting dan kecepatan dalam mengangkat telepon.
Operator bertugas menerima/menyambungkan telepon, baik ditujukan untuk karyawan
hotel, maupun tamu hotel .
Menurut
Wikipedia (2014) Operator telepon adalah orang yang bertanggung jawab
menyampaikan sambungan telepon yang masuk kepada orang yang
dituju. Selain
itu seorang operator telepon juga bertanggung jawab membuka saluran telepon
bila ada karyawan yang hendak menghubungi pihak luar. Pada
sebahagian usaha akomodasi perhotelan ,seorang operator telepon biasanya juga merangkap menjadi resepsionis atau reservasi. Seorang operator telepon yang merangkap resepsionis
biasanya perempuan karena dianggap lebih menarik penampilannya dan suaranya
lebih enak didengar daripada suara laki-laki.
7.
Mengidentifikasi
layanan operator telepon
1) Penanganan Fax/ Telepone Masuk (Incoming Call)
a) Menerima telephone / fax masuk.
b) Memeriksa data tamu di Front Office system apakah tamu
masih tinggal atau tidak di Hotel jika ada tamu yang bertanya
c) Menyambungkan telephone sesuai nama / nomor kamar tamu
yang di tuju.
d) Menginformasikan bahwa telephone masih sibuk / tamu
tidak ada di kamar dan menawarkan untuk meninggalkan pesan. ( bila tamu yang di
tuju tidak ada di kamar)
2)
Penanganan Fax / Telephone Keluar untuk
tamu yang menginap.
a) Tamu yang menginap dan minta menyambungkan telepon
dari outlet untuk menelpon keluar hotel.
b) Tamu yang menginap dan minta mengirimkan faximile dari
outlet untuk mengirim keluar hotel.
c) Fasilitas sambungan local, nasional, dan internasional
di sediakan pada pesawat telephone di kamar dengan menekan akses 9 terlebih
dahulu.
3) Penanganan permintaan Wake Up Call
Wake Up Call adalah permintaan untuk di bangunkan lewat dering telephone atau dengan
mengetuk pintu di kamar yang di tuju.
4) Memberikan layanan pemutaran hiburan film dan musik (
cuma - cuma atau pasca bayar ) di kamar tamu dan musik di area publik di hotel
5) Memberikan layanan wifi
gratis untuk tamu yang berada di hotel
6) Memberikan pelayanan telepon emergeny/darurat langsung
dari kamar maupun melalui telepon operator
7) Menghitung seluruh biaya telepon yang dibebankan
kepada tamu
Mengenal seksi operator telepon
ReplyDeleteBAHAN AJAR FRONT OFFICE KB 1. PERTEMUAN 1 . JIKA MAU SELANJUTNYA SILAHKAN COMMENT