Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD KEPARIWISATAAN KELAS
X AP
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
|
Kompetensi Inti
(KI)
Kelas
X
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Analisis
|
|
Dimensi
|
Kualifikasi
Kemampuan
|
|||
Sikap
|
(Permen 54 )
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlakmulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1. Bertambahnya keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
KD 1.1 Keimanan (A4) merupakan gradasi menyadari (A4), belum utuh terkait
KI-1 yaitu sampai keteraturan (A5).
KD 1.1 Mengamalkan (A5) nilai
merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu menghayati dan mengamalkan (A5).
|
|
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan
yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik.
|
KD 1.2 Menyadari
(A3) merupakan gradasi fenomena (A4), belum utuh terkait KI-1 yaitu sampai karakteristik (A5).
KD 1.2 Karakteristik (A5) nilai merupakan gradasi yang terkait KI-1
yaitu menghayati dan mengamalkan (A5).
|
||
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati – hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari – hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
KD 2.1
Menunjukan (A5) perilaku merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu menghayati
dan mengamalkan (A5).
|
||
2.2.
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari – hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
KD 2.2Menghargai sikap.
Merupakan gradasi mengamalkan yang terkait KI-1 yaitusampai menghayati dan mengamalkan.
|
|||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
serta dampak fenomena dan kejadian.
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang
dan lingkup kerja Kepariwisataan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
3.1
Memahami industri
pariwisata
3.2
Memahami motivasi tujuan perjalanan,
karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia,
jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
3.3
Menganalisis dampak industri pariwisata
3.4
Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata
3.5
Memahami jenjang karir
dalam organisasi industri pariwisata
3.6
Memahami organisasi
kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
3.7
Menganalisis potensi dan daya tarik wisata
3.8
Menganalisis dokumen perjalanan
3.9
Menganalisis usaha jasa wisata
3.10
Menganalisis usaha sarana wisata
3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata
|
KD 3.1 Memahami
industri pariwisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan K1-3
KD 3.2 Memahami motivasi tujuan perjalanan merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.3 Menganalisis dampak industri pariwisata merupakan gradasi CI sesuai dengan KI – 3
KD 3.4 Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata
merupakan gradasi C1 sesuai dengan
KI – 3
KD 3.5 Memahami jenjang karir dalam organisasi industri pariwisata merupakan gradasi C1 sesuai dengn KI-3
KD 3.6 Memahami organisasi kepariwisataan (nasional,
regional dan internasional)
merupakan gradasi C1 sesuai dengan
KI-3
KD 3.7 Menganalisis potensi dan daya tarik wisata
merupakan gradasi C1 sesuai dengn
KI-3
KD 3.8 Menganalisis dokumen merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.9 Menganalisis usaha jasa wisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.10 Menganalisis usaha
sarana wisata merupakan gradasi C1
sesuai dengan KI-3
KD 3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan
kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang
dipelajari disekolah secara mandiri.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kerja Kepariwisataan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengelompokkan industri
pariwisata
4.2
Mengklasifikasi motivasi tujuan perjalanan,
karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
4.3
Merumuskan solusi tentang dampak industri pariwisata
4.4
Membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata
4.5
Mengelompokkan jenjang karir
dalam organisasi kepariwisataan
4.6
Mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional,
regional dan internasional)
4.7
Membuat perencanaan daya tarik wisata
4.8
Mengelola dokumen perjalanan
4.9
Menyusun rencana usaha jasa wisata
4.10 Menyusun rencana usaha sarana wisata
4.11 Mengembangkan rancangan publisitas pariwisata
|
KD
4.1. Mengelompokkan industri pariwisata merupakan
gradasi P3 sesuai dengan KI-4
KD
4.2. Mengklasifikasi merupakan
gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD
4.3. Merumuskan merupakan gradasi P1 sesuai
dengan KI-4
KD
4.4. Membuat perencanaan merupakan
gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD
4.5. Mengelompokkan merupakan gradasi P1 sesuai
dengan KI-
KD 4.6. Mengklasifikasikan merupakan
gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD 4.7 Membuat merupakan gradasi P1 sesuai dengan
KI-4
KD 4.8
Mengelola
merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD 4.9
Menyusun
merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD 4.10
Mnyusun
merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD 4.11
mengembangkan
yang merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4
|
Keterangan :
1. SKL diambil dari Permendikbud nomor 54 Tahun 2013 tentang
Standar Kompetensi Lulusan
2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar diambil dari
Permendikbud nomor 60 Tahun 2014 tentang
Kurikulum SMK/MAK dan lampirannya.
3. Analisis diisi dengan hasil analisis taksonomi dan
gradasi hasil belajar. Jika KD tidak terkait dengan KI maka dikembangkan
melalui tujuan pembelajaran dan atau indikator pencapaian kompetensi.
Mengetahui,
No comments:
Post a Comment