Analisis Keterkaitan SKL Kelas X

Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD KEPARIWISATAAN KELAS X AP

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Kompetensi Inti (KI)
Kelas X
Kompetensi Dasar (KD)
Analisis
Dimensi
Kualifikasi Kemampuan
Sikap
(Permen 54 )
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlakmulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.  Bertambahnya keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
KD 1.1 Keimanan (A4) merupakan gradasi menyadari (A4), belum utuh terkait KI-1 yaitu sampai keteraturan (A5).
KD 1.1 Mengamalkan (A5) nilai merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu menghayati dan mengamalkan (A5).

1.2.  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik.
KD 1.2 Menyadari (A3) merupakan gradasi fenomena  (A4), belum utuh terkait KI-1 yaitu sampai karakteristik (A5).
KD 1.2 Karakteristik (A5) nilai merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu menghayati dan mengamalkan (A5).
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati – hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari – hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

KD 2.1 Menunjukan (A5) perilaku merupakan gradasi yang terkait KI-1 yaitu menghayati dan mengamalkan (A5).
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari – hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
KD 2.2Menghargai sikap. Merupakan gradasi mengamalkan yang terkait KI-1 yaitusampai menghayati dan mengamalkan.


Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kepariwisataan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
3.1      Memahami industri pariwisata

3.2      Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata





3.3      Menganalisis dampak industri pariwisata





3.4      Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata







3.5      Memahami jenjang karir dalam organisasi industri pariwisata




3.6      Memahami organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)



3.7      Menganalisis potensi dan daya tarik wisata




3.8      Menganalisis dokumen perjalanan



3.9      Menganalisis usaha jasa wisata


3.10   Menganalisis  usaha sarana wisata




3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata
KD 3.1 Memahami industri pariwisata  merupakan gradasi C1 sesuai dengan    K1-3
KD 3.2 Memahami motivasi tujuan perjalanan merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.3 Menganalisis  dampak industri pariwisata merupakan gradasi CI sesuai dengan KI – 3
KD 3.4 Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI – 3
KD 3.5 Memahami jenjang karir dalam organisasi industri pariwisata merupakan gradasi C1 sesuai dengn KI-3
KD 3.6 Memahami organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.7 Menganalisis potensi dan daya tarik wisata merupakan gradasi C1 sesuai dengn KI-3
KD 3.8 Menganalisis dokumen merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.9 Menganalisis usaha jasa wisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.10 Menganalisis usaha sarana wisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3
KD 3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata merupakan gradasi C1 sesuai dengan KI-3

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kepariwisataan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1     Mengelompokkan industri pariwisata









4.2     Mengklasifikasi  motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata

4.3     Merumuskan solusi tentang  dampak industri pariwisata


4.4     Membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata

4.5     Mengelompokkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan

4.6     Mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)



4.7     Membuat perencanaan  daya tarik wisata


4.8     Mengelola  dokumen perjalanan

4.9     Menyusun rencana usaha jasa wisata


4.10 Menyusun rencana usaha sarana wisata  




4.11 Mengembangkan  rancangan publisitas pariwisata
KD 4.1.  Mengelompokkan industri pariwisata merupakan gradasi P3 sesuai dengan KI-4


KD 4.2.  Mengklasifikasi merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4




KD 4.3.   Merumuskan merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD 4.4.   Membuat perencanaan  merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4

KD 4.5.  Mengelompokkan merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-
KD 4.6.  Mengklasifikasikan merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4

KD 4.7 Membuat merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4

KD 4.8 Mengelola merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4
KD 4.9 Menyusun merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4

KD 4.10 Mnyusun merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4

KD 4.11 mengembangkan yang merupakan gradasi P1 sesuai dengan KI-4













Keterangan :
1.    SKL diambil dari Permendikbud nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
2.    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar diambil dari Permendikbud  nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMK/MAK dan lampirannya.
3.    Analisis diisi dengan hasil analisis taksonomi dan gradasi hasil belajar. Jika KD tidak terkait dengan KI maka dikembangkan melalui tujuan pembelajaran dan atau indikator pencapaian kompetensi.

Mengetahui,                                                                                                                                                


No comments:

Post a Comment

Teknik pembuatan pudding

Cold pudding Menggunakan agar agar sbg pngental dan dpt jg mnggunakan tepung custard dan tepung  maizena. Pengolahan dg cara  dreb...